Ligana.id, Kompetisi Usia Dini untuk Regenerasi Sepak Bola Indonesia

Minggu, 27 Oktober 2019 – 23:42 WIB
Pembukaan kompetisi Ligina.id ditandai kick-off kategori U-15 di Lapangan Sekau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (27/10). Foto: dokumen Ligina.id untuk jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kompetisi sepakbola usia dini di Indonesia makin ramai digelar. Terayar, Liga Anak Indonesia (Ligana.id) mengadakan kompetisi lima kelompok umur, mulai U-9, U-11, U-13, U-15, dan U-17.

Sebagai penanda dimulainya Ligana.id diawali dengan kick-off kategori U-15 di Lapangan Sekau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (27/10).

BACA JUGA: Sekap Dirut Perusahaan di Kamar Hotel, Tujuh Penagih Utang Digulung Polisi

Laga pembuka yang mempertemukan Ragunan Soccer School melawan Bintang Pratama berakhir dengan skor akhir, 3-0.

"Semangatnya adalah pembinaan usia dini. Kami ingin mendukung perkembangan sepakbola nasional lewat level usia dini. Ligana bertujuan membentuk dan membina pemain muda di Indonesia. Formatnya adalah setengah kompetisi dengan tujuan menumbuhkan mental kompetisi kepada para pemain muda Indonesia," kata CEO ETSport, Ridjaldi, selaku operator Ligana, Minggu 27 Oktober 2019.

BACA JUGA: Foto Tak Senonoh Beredar, Oknum Kadis dan Sekretaris Ajukan Pensiun Dini

“Kami berharap ada bibit dari Ligana yang bisa dilirik Timnas Indonesia junior,” tambahnya.

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang juga menjadi gairah tersendiri bagi Ligina.

BACA JUGA: Sebelum Dibunuh, PNS Kementerian PU Dipaksa Minum Air Mineral Bercampur Obat Tetes Mata

Apalagi, kompetisi Ligana U-17, bisa jadi media bagi pelatih Timnas di Piala Dunia U-20 nanti untuk mencari pemain berkualitas.

Rencananya, Ligana.id digelar mulai akhir Oktober 2019 hingga April 2020 mendatang. Kompetisi U-15 yang dilangsungkan terlebih dulu.

Selanjutnya, secara bertahap, empat kategori usia lain akan diselenggarakan. Kompetisi U-9 dan U-11 akan dimulai pada pertengahan November 2019, sekaligus menjadi gong resmi dari dimulainya Ligana.id.

Pun saat ini kompetisi baru dilangsungkan di Jakarta dan akan segera digulirkan di Tangerang, Bogor-Depok, dan Bekasi. 

Ligana sudah mendapatkan restu dari Kementerian Pemuda dan Olahraga serta didukung Kementerian Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraannya. Mereka akan memberikan Piala Bergilir untuk kategori U-9, U-11 dan U-13.

BACA JUGA: Pengakuan Tersangka Pembunuhan PNS Kementerian PU yang Jasadnya Dicor Semen

"Jadi, kompetisi ini sudah legal. Semangatnya adalah pembinaan usia dini dan kami berharap, Ligana bisa jadi media bagi pelatih Timnas untuk mencari pemain. Syukur, jika nantinya ada pemain jebolan kami yang masuk ke Timnas untuk Piala Dunia U-20 nanti," tutup Gunawan Tyas Jatmiko, Chief Registry Officer PANDI selaku penyelenggara Ligana.(dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler