Lihat, KMP Aceh Hebat 1 Segera Melaut

Minggu, 27 September 2020 – 23:41 WIB
KMP Aceh Hebat yang tengah dibangun di galangan kapal PT MOS, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Foto: Antara

jpnn.com, BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi Aceh tengah menunggu penyelesaian tiga kapal motor penumpang (KMP) yang dibiayai APBD. Tiga KMP itu ialah Aceh Hebat 1, Aceh Hebat 2, serta Aceh Hebat 3.

Khusus pembangunan KMP Aceh Hebat 1 telah memasuki tahap penyelesaian akhir. Menurut Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Aceh Mahyus Syafril, peluncuran kapal berbobot 1.300 GT itu akan dilaksanakan pada pekan pertama Oktober mendatang.

BACA JUGA: Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Kopi Aceh ke Benua Eropa

"Sudah mencapai 92 persen sampai akhir Minggu ini. Rencananya (peluncuran) pada Minggu pertama Oktober, masih menunggu pemberitahuan berikutnya dari galangan," kata Syafril di Banda Aceh, Minggu (27/9).

Pembangunan KMP Aceh Hebat 1 dikerjakan di galangan kapal PT MOS, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Kapal tersebut direncanakan bersandar di provinsi berjuluk Tanah Rencong itu pada akhir Oktober.

BACA JUGA: Operator Kapal Ro-Ro Diminta Gunakan Kapal Berumur Muda

Sebelumnya Pemerintah Aceh telah memesan tiga unit kapal roll on roll of (ro-ro) untuk melayani rute pelayaran di tiga pulau, yakni Singkil - Pulau Banyak, Balohan Sabang - Pelabuhan Ulee Lheu dan Lintasan Barat ke Pulau Simeulue.

Proses pengerjaan KMP Aceh Hebat 2 telah mencapai 89,3 persen. Adapun pengerjaan KMP Aceh Hebat 3 hingga pekan ini telah mencapai 89,5 persen .

BACA JUGA: Ada Permintaan Khusus Jokowi untuk Aceh

Syafril menambahkan, ada beberapa bagian yang harus dirampungkan dalam pembangunan KMP Aceh Hebat 1. Di antaranya ialah stabilitas kapal dan pekerjaan interior.

"Peralatan navigasi, peralatan keselamatan, perangkat radio, radar, instalasi pelistrikan, dan beberapa lainnya," tuturnya.

Khusus KMP Aceh Hebat 1 akan melayani rute Labuhan Haji – Simeulue atau Kuala Bubon – Simeulue demikian pula sebaliknya.

Adapun KMP Aceh Hebat 2 yang memiliki bobot 1.100 GT dikerjaakan oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. KMP Aceh Hebat 2 akan melayani pelayaran dari Singkil ke Pulau Banyak.

Terakhir ialah KMP Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 GT yang tengah dikerjakan PT Citra Bahari Shipyard di Tegal, Jawa Tengah. KMP itu akan melayani rute Ulhee Lheue ke Balohan.

KMP Aceh Hebat merupakan hasil dari program pengadaan kapal feri ro-ro di bawah Dinas Perhubungan Aceh dengan anggaran Rp 178 milliar. Kapal tersebut bertujuan meningkatkan konektivitas antarpulau di Aceh.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler