Lihat nih, Aksi Gila Anggota Polantas

Minggu, 10 April 2016 – 00:06 WIB
JUMPING: Salah satu aksi yang dilakukan Bripka Wawan Riyadi. Foto: Dimas Budi Lantoro Mukti Prabowo/Radar Banyumas/JPG

jpnn.com - WARGA Banyumas, Jawa Tengah, yang pernah mengikuti tes untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polres setempat, barangkali sudah pernah melihat sosok Bripka Wawan Riyadi. Dia sangat piawai mengendarai sepeda motor karena jago freestyle.

ALI IBRAHIM, Purwokerto

BACA JUGA: Sandhy Sandoro, sang Duda dan Cinta Sejati

Polisi kelahiran Sragen 21 April 1977 yang akrab disapa Ucil ini, setiap hari menguji pemohon SIM untuk pengendara roda dua. Dengan keterampilannya, dia memberikan contoh dan teknik berkendara yang baik dan benar. 

Menurut Wawan, profesi polisi merupakan cita-citanya sejak kecil. "Saat itu inginnya menjadi Polantas, karena lihat polisi lalu lintas suka memakai motor gede," kata Wawan kepada Radarmas (Jawa Pos Group), Kamis (7/4). 

BACA JUGA: Selamat Jalan Gubernur Sani..

Kini di sela kesibukannya sebagai penguji SIM di Satlantas Polres Banyumas, dia juga bergabung dengan komunitas trail di Banyumas.

Dari hobinya, Wawan pernah memenangkan lomba ketangguhan berkendara motocross beberapa tahun lalu. 

BACA JUGA: HOROR! Penampakan dan Jeritan Minta Tolong di Rutan Malabero

"Dulu pernah menjuarai Enduro pada tahun 2010 dan mendapat juara 2," lanjut ayah dari Vincent (11) dan Virna (6). 

Dia berhasil menyabet juara dua kelas 150 cc dari 37 pembalap. "Kalau bermain trail biasanya saat lepas dinas. Dengan kegiatan ini bisa punya banyak teman, dan setiap bulan kami juga melakukan bakti sosial di tempat-tempat yang sudah pernah dilalui untuk trabas," katanya.

Selain bergabung dengan komunitas otomotif, bersama Satlantas Polres Banyumas dia juga menggandeng seluruh klub otomotif di Banyumas mengatasnamakan KOMPAK (Komunitas Peduli Keselamatan). Melalui komunitas itu, klub-klub motor dijadikan mitra dalam mengampanyekan tertib berlalu lintas. 

"Terobosan kreatif yang sudah dirasakan manfaatnya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang. Polres Banyumas juga akan terus berkoordinasi dengan instansi lain, seperti Bina Marga dan Dinhub yang juga punya andil dalam masalah keselamatan berlalu lintas,’’ lanjutnya.

Kepiawaian Wawan dalam mengendarai sepeda motor juga menorehkan prestasi dalam Kapolda Cup baru-baru ini. 

Dalam kontes ketangkasan mengendarai sepeda motor yang baru pertama kali diadakan di Indonesia, ia berhasil meraih juara satu. 

Tidak hanya itu, Wawan juga sering "beraksi" di beberapa kegiatan yang diadakan Polres Banyumas. 

Seperti melompati mobil polisi saat gelar pasukan Operasi Zebra 2015 lalu. Ke depan, Wawan ingin lebih mengasah kemampuan berkendaranya.     

"Ingin memperdalam lagi ilmu freestyle. Jadi bila ada event, anggota Satlantas Polres Banyumas bisa ikut meramaikan," harapnya. (*/sus/sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengunjugi Israel: Antara Diculik Hamas dan Dicekik Netanyahu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler