Lihat Rekomendasi Aplikasi Inventaris Barang Terbaik bagi Pengusaha

Kamis, 28 April 2022 – 17:47 WIB
Aplikasi inventaris barang besutan Mekari memudahkan pengusaha dalam berbagai kegiatan jual beli. Foto: tangkapan layar laman Mekari

jpnn.com, JAKARTA - Aplikasi inventaris barang dalam suatu perusahaan atau bidang usaha sangat penting untuk membantu berbagai kegiatan jual beli. 

Kegiatan perusahaan seperti mengawasi pembelian barang yang diperoleh dari penyuplai, mengontrol ketersediaan jumlah produk yang akan dijual, mengelola stok barang, dan melacak pesanan yang dikirimkan ke pelanggan.

BACA JUGA: Kenali Fitur Canggih pada Aplikasi Absensi Online Perusahaan, Ini Manfaatnya

Banyak pengusaha yang melakukan kegiatan inventaris barang dengan menggunakan Google Spreadsheet, Microsoft Excel, dan berbagai alat manual lain. 

Namun, banyak aplikasi inventaris barang yang diciptakan untuk memudahkan kegiatan inventarisasi barang pada suatu kegiatan jual beli.

BACA JUGA: 5 Aplikasi yang Harus Dimiliki Selama Mudik Lebaran, Nomor 1 Wajib Punya

Salah satu hal yang menjadi bagian penting dalam bisnis adalah kegiatan inventaperusahaanris.

Kegiatan inventaris mengelola stok atau persediaan barang yang dimiliki . 

BACA JUGA: Pakar Kemanan Siber Mengaku tak Bisa Merekomendasikan Aplikasi Azan yang Aman

Salah satu penunjang kegiatan inventaris adalah penggunaan aplikasi inventaris barang. 

Aplikasi inventaris barang adalah sejenis aplikasi yang memang dirancang untuk membantu user mengelola barang di suatu gudang perusahaan atau kantor. 

Biasanya, aplikasi ini sering digunakan pada perusahaan yang bergerak di bidang bisnis agar proses pengelolaan berjalan dengan baik. 

Para pengembang biasanya menciptakan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone, desktop, maupun dalam bentuk website. 

Aplikasi inventaris barang berbentuk website tergolong lebih fleksibel karena lebih mudah dalam penggunaan tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu.

Penggunaan aplikasi inventaris barang berbasis website, pengguna hanya perlu mengakses laman yang tersedia dan login ke akun yang terdaftar. 

Fitur-Fitur Canggih yang Biasanya Tersedia dalam Alat Inventaris Barang

Dalam sebuah aplikasi, biasanya dilengkapi berbagai fitur canggih yang akan mendukung kinerja aplikasi.

Termasuk aplikasi pengelola barang. Ada beberapa fitur yang biasanya disisipkan pada aplikasi inventaris barang

Dashboard

Fitur dashboard biasanya ada pada tampilan awal aplikasi. Hampir semua aplikasi memiliki tampilan ini termasuk aplikasi inventaris barang. 

Seringnya layar dashboard menampilkan grafik berupa jumlah penjualan, grafis kas masuk atau keluar, hingga daftar utang-piutang suatu usaha.

Laporan Penjualan

Laporan penjualan biasanya juga ada dalam aplikasi inventaris barang yang memuat laporan penjualan harian hingga bulanan. 

Fitur ini sangat penting untuk melihat produktivitas toko dan melihat rincian uang masuk dan keluar suatu toko. 

Biasanya fitur ini juga dilengkapi dengan rincian kas toko atau usaha sehingga proses pengecekan laporan menjadi lebih efisien. 

Penjualan 

Dalam fitur ini biasanya terdapat rincian penjualan selama 1 bulan dan menampilkan seluruh data penjualan barang secara lengkap beserta dengan jumlah, harga dan kode penjualannya. 

Fitur ini juga biasanya dilengkapi dengan total harga barang yang terletak pada bagian akhirnya.  

Pembelian

Fitur aplikasi inventaris barang ini biasanya menampilkan data pembelian perusahaan lengkap dengan faktur pembelian. 

Tak jarang pengembang juga memberikan fitur dalam aplikasi dalam bentuk terkategori. 

Adanya fitur ini pada aplikasi inventaris barang untuk membantu manajer atau pemilik toko membuat faktur pembelian jika dirasa stok barang mulai menipis.

Stok Produk

Fitur stok produk biasanya menampilkan data berupa nama, status, hingga data barang yang tersusun dalam bentuk tabel.

Masing-masing telah diberi kode produk agar lebih mudah dalam pembacaan atau pencarian barang. 

Pengaturan 

Fitur pengaturan dalam aplikasi biasa menampilkan pengaturan penggunaan aplikasi. 

Biasanya pengaturan terdiri dari pengaturan akun, status berlangganan, pengaturan penggunaan aplikasi,hingga pengaturan data bank. 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Inventaris Barang

Suatu aplikasi diciptakan tentunya untuk memudahkan kepentingan orang yang menggunakannya. 

Tak terkecuali penggunaan aplikasi inventaris barang memiliki beberapa keuntungan jika digunakan untuk kepentingan bisnis.

Proses Purchase Order menjadi Lebih Cepat

Salah satu kelebihan dari aplikasi inventaris barang adalah pengguna dapat melakukan proses PO atau purchase order ke vendor bisnis secara otomatis melalui aplikasi.

Proses ini dapat dilakukan dengan aplikasi mulai dari rincian daftar barang yang habis hingga penerbitan invoice yang dapat dilakukan hanya melalui aplikasi saja. 

Dapat Mendeteksi Adanya Overselling pada Suatu Bisnis atau Usaha

Kelebihan lain dari aplikasi inventaris barang adalah memudahkan pengguna untuk mendeteksi terjadinya overselling dalam sebuah toko. 

Overselling sangat memengaruhi tingkat penjualan dan tidak berdampak baik jika sampai sebuah toko kehabisan stok barang. 

Nah, fungsi dari dari aplikasi inventaris barang ini akan menyinkronisasikan ketersediaan barang yang ada dalam toko maupun di toko cabang secara otomatis. 

Jumlah Stok Barang Terkendali

Adanya sistem manajemen otomatis mampu melacak tingkat ketersediaan barang yang rendah sekalipun dan pengguna akan lebih mudah mengatur pemesanan ulang pada vendor secara otomatis melalui aplikasi.

Dapat Berintegrasi dengan Seluruh Bisnis atau Bidang Usaha

Memang zaman sudah serba canggih dan proses manajemen toko atau usaha sudah tidak dilakukan secara manual. 

Inilah salah satu kelebihan dari aplikasi inventaris barang yang dapat mengurus banyak toko dalam satu perangkat yang telah terintegrasi. 

Tentu hal ini membuat para pengusaha atau manajer menghemat tenaga dan waktu. 

Meminimalkan Biaya Operasional

Adanya sistem pengelolaan barang dalam aplikasi inventaris barang membuat Anda tak perlu menyewa atau membangun gudang dengan biaya mahal untuk menyimpan persediaan barang.

Selain itu, penggunaan aplikasi membuat kinerja suatu bisnis menjadi lebih efisien karena sistem pengelolaan stok terintegrasi dengan baik pada toko satu dengan lainnya.

Namun, jika Anda masih kesulitan memilih salah satu aplikasi inventaris barang, mekari.com telah menciptakan alat inventaris barang berbasis web yang dinamai Jurnal. 

Jurnal by Mekari berbasis web ini dirancang untuk memudahkan pengelolaan stok barang dalam suatu bisnis atau aset-aset kantor. 

Anda akan lebih mudah menambahkan atau mengatur aset yang tersedia karena Jurnal by Mekari menggunakan sistem otomatis. 

Tak hanya itu, terdapat salah satu fitur depresiasi aset yang berfungsi untuk menghitung jumlah aset dan itu semua dilakukan secara otomatis tanpa melakukan proses manual.  

Mekari sebagai penyedia aplikasi pendukung perusahaan dan bisnis anda berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna setia.

Pengelolaan barang dalam toko atau bisnis Anda akan menjadi lebih mudah dan terarah dengan aplikasi inventaris barang dari mekari.com. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler