Lima Daerah Raih Penghargaan Menteri ESDM

Rabu, 28 September 2011 – 15:52 WIB

JAKARTA - Lima daerah di Indonesia masing-masing Provinsi Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabang dan Sorong memperoleh penghargaan Prabawa dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Piagam dan tropi penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh kepada masing-masing gubernur dan bupati, dalam acara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi yang Ke-66, bertempat di Museum Gawitra Migas dan Museum Listrik, Taman Mini Indonesa Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (28/9).

Penghargaan Energi Prabawa, menurut Menteri ESDM adalah penghargaan yang diberikan kepada pemerintah provinsi, kotamadya dan kabupaten yang menjadi panutan karena komitmennya dalam memprioritaskan program diversifikasi dan konservasi energi sehingga menghasilkan dampak besar pada pembangunan sektor energi dan sumber daya mineral.

"Pemerintah provinsi, kota dan kabupaten yang menerima penghargaan Prabawa di hari jadi Pertambangan dan Energi ke-66 ini merupakan daerah yang dinilai berjasa luar biasa dalam penyediaan energi listrik bagi masyarakat miskin dan daerah terpencil," kata Darwin Zahedy Saleh.

Terkait dengan penghargaan Prabawa yang diterima oleh Nasrul Abit, Menteri ESDM menegaskan bahwa Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan dalam tahun 2011 ini terbanyak dalam mewujudkan penyediaan energi listrik bagi masyarakat miskin dan daerah terpencil dengan cara membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dan Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berjasa luar biasa mengimplementasikan peran, tanggung jawab dan wewenang utama Pemda sebagai penggerak perubahan mewujudkan penyediaan energi listrik dengan cara membangun PLTMH dan PLTS," kata Darwin Zahedy Saleh.

Dia jelaskan, prestasi yang diperoleh oleh Pemda Pesisir Selatan dalam tahun 2011 ini cukup signifikan yakni telah mengaliri listrik sebanyak 2263 rumah atau kepala keluarga (KK) pada desa-desa yang belum berkembang, terpencil sehingga berdampak besar terhadap pembangunan sektor energi dan sumber daya mineral, masyarakat, bangsa dan negara.

Usai penyerahan penghargaan, Nasrul Abit menjelasan bahwa prestasi yang diraih oleh Pesisir Selatan dalam meningkatkan peran sektor ESDM guna mewujudkan pengelolaan sumber daya alam dan energi yang berkeadilan bukan semata-mata hanya hasil dari kerja keras pemerintahan Pesisir Selatan.

"Terlaksananya pembangunan PLTMH dan PLTS yang dinilai sukses oleh Kementerian ESDM sesungguhnya wujud dari komitmen masyarakat Pesisir Selatan yang ingin hidup layakPemda hanya sebatas fasilitator atas komitmen masyarakat," kata Nasrul Abit.

Hari ini, lanjutnya, Pemda dan masyarakat Pesisir Selatan boleh berbesar hati karena hasil kerja kolektif ini membuahkan hasil positif di mata pemerintah

BACA JUGA: Muhaimin Berbohong, Wamenkeu Senyum

"Tapi ingat besoknya kita harus bekerja lebih keras lagi karena masih banyak diantara warga kita yang rumahnya belum teraliri listrik karena listrik merupakan hal pokok dalam kehidupan yang layak," tegas Nasrul Abit
(fas/jpnn)

BACA JUGA: Hakim Konstitusi Bela Tersangka Surat Palsu MK

BACA JUGA: UKP4: Rapor Merah Merata di Semua Kementrian

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Alkes


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler