Lima Kandidat Perebutkan Kursi Fukuda

Kamis, 11 September 2008 – 11:23 WIB
TOKYO – Gong kampanye pemilihan perdana menteri Jepang pengganti Yasuo Fukuda ditabuh kemarinAda lima kandidat yang kemarin secara resmi meregistrasikan nama mereka ke markas Partai Demokrat Liberal (LDP) untuk bersaing menjadi ketua partai tersebut

BACA JUGA: Korea Selatan Antisipasi Krisis Regional

Ini jumlah kandidat terbanyak dalam persaingan menjadi orang nomor satu di LDP sejak 1971


Untuk menjadi PM baru Jepang, kelima kandidat itu memang harus merebut kursi ketua LDP dulu

BACA JUGA: KFC Pindahkan Penyimpanan Resep Rahasia

Siapapun yang memenangi pemilihan yang bakal digelar 22 September nanti itu, berhak atas kursi PM
Sebab, LDP adalah pemilik kursi mayoritas di Majelis Rendah Jepang

BACA JUGA: AS Peringati Tragedi WTC

Di Majelis Rendah inilah pemilihan PM akan digelar.

Kandidat terkuat adalah mantan Menteri Luar Negeri Taro AsoPolitisi konservatif itu yang paling tinggi jam terbangnyaPolitisi 67 tahun itu tercatat sudah tiga kali mencalonkan diri sebagai PM, tapi ketiga-tiganya berakhir dengan kegagalan

Aso berjanji untuk meneruskan agenda perbaikan ekonomi yang telah digariskan Fukuda“Perlu tiga tahun untuk memperbaiki perekonomian JepangSaya akan konsentrasi melakukannya dalam waktu singkat,” kata Aso.

Salah satu pesaing terkuatnya adalah Menteri Lingkungan Yuriko KoikeDia adalah wanita pertama yang bersaing memperebutkan kursi ketua partai terbesar JepangKalau terpilih, wanita 56 tahun itu akan menjadi PM wanita pertama Negeri SakuraDia dikenal sebagai sosok yang reformis sebagaimana mantan PM Junichiro Koizumi yang populer di mata publik.

“Ini adalah misi saya untuk menunjukkan suara perempuan dan mereka yang suaranya tidak pernah didengar,” kata Koike yang pernah menjadi Menteri Pertahanan itu.

Calon lainnya adalah Menteri Perekonomian Kaoru Yosano yang berjanji akan menyeimbangkan neraca anggaran Jepang pada 2012Sedangkan dua kandidat lainnya adalah mantan menteri, yaitu mantan Menteri Transportasi Nobuteru Ishihara, 51, dan eks Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba, 51. (AP/AFP/dia/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Angka Bunuh Diri Di AS Meningkat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler