Lima Makanan Tinggi Kalori yang Harus Anda Batasi

Senin, 07 Agustus 2017 – 11:02 WIB
Alpukat. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Kalori digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar agar tubuh memperoleh energi untuk menggerakkan semua fungsinya.

Karena setiap sel dalam tubuh kita sangat membutuhkan kalori untuk mendapatkan energi. Dan sisa kalori yang tidak dipergunakan akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Lemak ini akan dibakar jika tubuh kurang asupan kalori.

BACA JUGA: Percayalah, Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi Anak

Jadi, tubuh harus mendapatkan kalori yang cukup namun jangan sampai selalu berlebihan.

Kalori yang berlebihan tentu akan membuat masalah dengan kelebihan berat badan alias kegemukan. Disamping itu, selalu kelebihan kalori tidak baik untuk penderita diabetes.

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Sehat ini Bisa Bantu Anda Hidup Lebih Lama

Untuk itu, cermatlah kita dalam memilih menu makanan sehari-hari.

Berikut ini beberapa makanan tinggi kalori yang harus Anda batasi mengonsumsinya, seperti dilansir laman MSN, Minggu (6/8).

BACA JUGA: Ibu Supiyah Sosok Sederhana tapi Ulet, Untung Rp 20 Juta per Bulan

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak monounsaturated (MUFA), antioksidan dan beta karoten yang membantu daya ingat, menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL Anda (baik) sekaligus mencegah penyakit jantung.

Asupan harian yang disarankan (RDI) dari lemak adalah 60 sampai 65 gram dan karena satu alpukat mengandung sekitar 30 gram dan 322 kalori, tetaplah dengan makan hanya setengah alpukat setiap hari.

2. Kacang dan biji

Kacang almond, kacang mede, kenari, biji bunga matahari, kacang tanah dan mentega mengandung sekitar 160 sampai 190 kalori per ons atau 210 kalori per dua sendok makan.

Mereka mungkin padat kalori, tapi kacang juga kaya akan protein pembentuk otot, lemak sehat jantung, serat, vitamin E, magnesium, seng, folat dan potassium.

3. Minyak zaitun

Lemak monounsaturated ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, memiliki sifat anti-inflamasi, baik untuk kesehatan tulang secara keseluruhan dan membantu Anda berpikir lebih jernih.

Satu sendok makan minyak zaitun extra virgin mengandung 120 kalori.

4. Kentang

Kentang mengandung 161 kalori, Anda juga akan mendapatkan zat besi, potassium dan serat dari kentang.

5. Biji gandum

Seluruh biji-bijian atau pseudograins seperti quinoa cenderung tinggi kalori, satu cangkir quinoa yang dimasak akan memberi Anda 222 kalori.

Tapi jangan menghindar dari biji-bijian sehat ini karena mereka mengandung potasium, protein, dan serat.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Coba deh 8 Tips Ampuh Menekan Nafsu Makan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Makanan   Kalori  

Terpopuler