Lini Tengah Lebih Segar

Jumat, 28 November 2014 – 06:54 WIB
Pelatih Indonesia, Alfred Riedl. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - HANOI - Latihan terakhir timnas Indonesia kemarin sore jelang melawan Laos berlangsung singkat. Tidak lebih dari 45 menit latihan tersebut sudah berakhir.

Pelatih Indonesia, Alfred Riedl mengatakan bahwa latihan memang tidak butuh waktu lama karena hanya untuk membiasakan pemain dengan rumput lapangan Hang Day yang baru pertama kali digunakan di AFF 2014 ini.

BACA JUGA: Suporter PSIS Ancam Geruduk PSSI

Namun, meski hanya berlatih sejenak, dari latihan tersebut sudah bisa diterka bahwa dalam laga terakhir ini Riedl ingin menurunkan komposisi pemain yang berbeda dari dua laga sebelumnya.

Dalam latihan tersebut, para peman diajak melakukan pemanasan selama sepuluh menit. Setelah berlatih passing, mereka langsung diminta untuk membagi diri dalam dua kelompok untuk melakukan scrimmage game. Nah, dalam sesi inilah mulai tampak siapa-siapa pemain yang bakal menjadi pilihan Riedl.

BACA JUGA: Indonesia vs Laos: Berharap Ada Keajaiban

Barisan pemain yang memakai rompi di sesi tersebut kemungkinan besar bakal menjadi starting eleven. Di bawah mistar terdapat kiper Persib Bandung I Made Wirawan menggantikan Kurnia Meiga. Sementara itu, di barisan belakang, Zulkifli Syukur tetap menjadi pilihan utama di sisi kanan.

Sementara itu, di sisi kiri ada Supardi yang menggantikan Rizky Rizal Dipora yang pada pertandingan melawan Filipina lalu dganjar kartu merah oleh wasit.

BACA JUGA: Kasus Hukum Menanti Gerrard

Di palang pintu pertahanan, Riedl juga nampak akan mencoba duet baru yakni Viktor Igbonefo dan Ahmad Jufriyanto.

"Kami dari tim asisten memang kemarin sempat mengajukan beberapa nama pemain yang belum dimainkan agar dimainkan. Tapi, keputusan akhir semua tetap ada pada Riedl," tutur Widodo Cahyono Putro, asisten pelatih saat ditemui sebelum latihan.

Ditemui seusai latihan, Riedl mengakui bahwa dirinya akan merombak besar-besaran komposisi starting eleven milikinya. Menurutnya, itu adalah bukti kepercayaanya  bahwa setiap pemain yang dibawa ke piala AFF ini adalah yang terbaik.

"Ya, kami akan beri kesempatan beberapa pemain yang belum bermain sebelumnya. Seperti yang anda lihat barusan (di scrimmage game)" tuturnya.

Meski begitu, drinya masih enggan untuk mengungkapkan apakah dua penyerang Boaz Salossa dan Christian Gonzales bakal dipasang sejajar atau tetap akan hanya menggunakan satu ujung tombak seperti dua pertandingan sebelumnya.
"Hmmm, saya tidak bisa jawab. Kita lihat saja nanti," tuturnya sambil tersenyum.

Di lini tengah, Riedl tampaknya bakal memasang dua pemain asal Jawa timur yakni Haryono dan Evan Dimas Darmono untuk tampil bersama. Sementara itu, Ramdani Lestaluhu dan Manahati Lestusen bakal melengkapi sisi kanan dan kiri sayap timnas.

Dengan kompisisi itu, Tiga pemain tengah Indonesia yang akan dipasang di partai malam nanti adalah barisan para pemain muda yang berusia tidak lebih dari 24 tahun. Yakni Ramdani (23 tahun), Lestusen (21 tahun), dan Evan (19 tahun).

Ketiganya diharapkan bisa bertarung dengan para pemain Laos yang juga terdiri dari barisan pemain belia. Seperti diketahui, barisan pemain Laos yang dibawa David Booth, pelatih mereka ke piala AFF ini mayoritas adalah para pemain Laos U-23 yang baru saja tampil di Asian Games Incheon, Korea Selatan, September lalu. (irr)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Arema tak Butuh Kiper Pelapis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler