Literasi dan Numerasi Warga Meningkat, Rapor Pendidikan Sumedang Naik Signifikan

Rabu, 20 Maret 2024 – 14:46 WIB
Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman berpose bersama para guru dan pelajar. Foto: Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Upaya berkelanjutan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang dalam mencerdaskan warganya menunjukkan hasil signifikan.

Hal itu terbukti dengan meningkatnya kemampuan baca dan tulis (literasi) maupun menghitung (numerasi) warga Sumedang.

BACA JUGA: Hadiri Rakor Wasdal BKN, Pj Bupati Sumedang Kembali Ingatkan Pentingnya ASN Berakhlak

Peningkatan kemampuan literasi warga Sumedang itu terekam dalam Rapor Pendidikan Tahun 2023 yang dirilis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Rapor itu menunjukkan nilai literasi untuk tingkat SD warga Sumedang naik dari 70,75 pada 2023 menjadi 84,60 pada 2024. Adapun nilai numerasinya naik dari 53,61 menjadi 79,54.

BACA JUGA: Puji Kinerja Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman, Menhan Prabowo: Saya Sangat Bangga

Nilai literasi tingkat SMP di Sumedang juga menunjukkan peningkatan, yakni dari 70,10 pada 2023 menjadi 80,73 pada 2024. Begitu pula angka numerasi yang naik dari 48,25 menjadi 76,26.

BACA JUGA: Sumedang Punya Gerakan Satu Desa Satu Hektar, Food Estate Partisipatif Terbukti Nyata

Pj Bupati Sumedang  Herman Suryatman menyebut peningkatan indeks literasi dan numerasi untuk SD dan SMP di daerahnya merupakan hasil kerja sama dan kerja keras semua pihak.

"Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada keluarga besar dinas pendidikan, khususnya kepada bapak dan ibu guru atas dedikasi dan perjuangannya. Juga tak lupa kepada unsur lainnya," ujarnya, Rabu (20/3/2024).

Herman pun bertekad untuk terus meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi para peserta didik di Kabupaten Sumedang.

"Tentu literasi dan numerasi yang kontekstual agar mereka bukan hanya memiliki pengetahuan tetapi juga keterampilan hidup," ucapnya.

Herman menambahkan Indonesia sedang menghadapi bonus demografi dengan komposisi penduduk usia produktif mulai lebih besar.

"Oleh karena itu kita harus persiapkan anak-anak kita menjadi generasi yang unggul dengan kemampuan litersi dan numerasi yang tinggi. Kita manfaatkan peluang bonus demografi itu," tuturnya.

Adapun Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dian Sukmara menyebut nilai itu menunjukkan tingkat literasi dan numerasi siswa jenjang SD dan SMP sudah mencapai kategori baik.

Menurut Dian, hasil positif tersebut  merupakan pencapaian dari seluruh pemangku kepentingan atau stakeholders terkait.

"Mendorong kemampuan dan minat baca ini bukan hanya tugasnya Dinas Pendidikan atau Dinas Perpustakaan dan Arsip, tetapi seluruh unsur dilibatkan agar literasi dan numerasi lebih baik lagi," katanya.

Oleh karena itu, kata Dian, pihaknya akan terus berupaya menjaga kolaborasi dengan semua unsur agar nilai Rapor Pendidikan Sumedang naik dan semuanya meraih Kategori Baik.

"Harapan ke depan dengan meningkatnya capaian ini, literasi dan numerasi di Kabupaten Sumedang akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan," tuturnya.(ikl/jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Di Hadapan Sandiaga, Herman Nyatakan Siap Jadikan Sumedang Destinasi Wisata Kelas Dunia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler