Lolos Verifikasi, PDIP Makin Percaya Diri Hadapi Pilpres

Sabtu, 17 Februari 2018 – 15:25 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan telah dinyatakan lolos verifikasi faktual dan menjadi partai peserta Pemilihan Umum 2019.

Pengumuman oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dihadiri Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang DH dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta, Sabtu (17/2).

BACA JUGA: PDIP Usung Pak Jokowi di Pilpres 2019? Nanti dulu..

Hasto mengatakan, Pemilu 2019 menjadi pesta demokrasi lima tahunan yang diikuti PDI Perjuangan sejak 1973.

Kecuali 1997, kata Hasto, PDI Perjuangan dilarang ikut Pemilu dan muncullah gerakan rakyat Mega Bintang guna melawan rezim otoriter yang mematikan demokrasi dengan peristiwa 27 Juli 1996.

BACA JUGA: Gerindra: PDIP Tidak akan Mengusung Jokowi di Pilpres 2019

“Bagi PDI Perjuangan, pemilu adalah alat, di mana rakyatlah yang berdaulat untuk menentukan para wakilnya di lembaga legislatif,” kata Hasto, Sabtu (17/2).

Menurut Hasto,PDI Perjuangan memberikan apresiasi kepada KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang telah berkerja profesional, independen.

BACA JUGA: PDIP Minta Buzzer Setop Sebar Fitnah di Medsos

“Hal tersebut menjadi awal yang baik bagi peningkatan kualitas demokrasi Indonesia,” jelasnya.

Hasto menambahkan, PDI Perjuangan berkomitmen untuk menjadikan kontestasi pemilu yang diwarnai dengan penyampaian gagasan terbaik untuk rakyat, bangsa dan negara Indonesia.

“Partai berkomitmen untuk mendukung pemerintah Presiden Joko Widodo dan seluruh penyelenggara Pemilu guna mendorong pemilu yang lebih demokratis dan sesuai dengan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” papar Hasto.


Hasto menuturkan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri juga sudah menginstruksikan agar partai terus melakukan langkah konsolidasi, rekrutmen calon anggota legislatif di seluruh tingkatan.

Hal itu dengan mengedepankan kriteria ideologis atas dasar Pancasila, kepemimpinan untuk rakyat, pemahaman terhadap pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran, pengawasan dan fungi representasi.

“Serta aspek kepribadian termasuk integritas dan komitmen menghadirkan watak politik yang membangun peradaban bangsa,” beber Hasto.

Dia juga memastikan seluruh anggota dan kader partai agar bekerja keras, berdisiplin dan bergerak ke bawah di tengah rakyat. (boy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hanya PKPI yang Gagal Verifikasi Faktual


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler