Lombok Optimis Saingi Pesona Bali

Kamis, 22 Juli 2010 – 02:18 WIB
JAKARTA- Menteri Pariwisata Seni dan Budaya (Menbudpar), Jero Wacik mengatakan Lombok akan mampu menyaingi pesona yang dimiliki Pulau Dewata, BaliApalagi, iklim investasi pariwisata di Lombok semakin baik sehingga menarik minat wisawatan manca negara untuk menikmati pesona Lombok yang tak tertandingi.

"Saya optimis, nantinya Lombok malah mengungguli Bali," kata Jero Wacik saat memberikan sambutan pada acara Pesona Lombok Sumbawa 2012 di Kementerian Budpar, Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (21/7).

Jero Wacik juga menyinggung ambisi Malaysia untuk menyulap kawasan wisata Langkawi untuk menyaingi ketenaran Bali sebagai destinasi wisata utama Asia

BACA JUGA: KPK Didesak Periksa Walikota Palu

Namun, imbuh dia, dari hasil kunjungannya ke kawasan wisata utama Malaysia itu, Langkawi belum ada apa-apanya jika dibandingkan Bali
"Saya rasa Bali belum terkejar, tapi Lombok lebih berpeluang mengejar Bali," paparnya.

Ditambahkan, dari segi kekayaan dan keberagaman destinasi Lombok tak jauh beda dari Bali

BACA JUGA: Gizi Buruk Kembali Mewabah di Luwuk

Meskipun dari segi sarana penujang Bali jauh lebih unggul
Namun dengan gencarnya promosi yang kini digalakkan Pemda dan stakeholder pariwisata NTB, maka target manyaingi Bali dinilai bukan hal yang tidak mungkin

BACA JUGA: Pameran Pembangunan Yang Meriah itu Usai

"Karenanya acara promosi harus terus ditingkatkan," imbuhnya.

Acara Pesona Lombok Sumbawa 2012 ini sendiri merupakan seminar wisata yang dipadu dengan pagelaran budaya oleh delegasi seni kabupaten Lombok TengahAcara ini digelar oleh Forum Mahasiswa dan Pemuda (Formada) NTB Jakarta bekerja sama dengan Kantor Penghubung NTB dan Disbudpar NTB.

Ini juga digabung dengan acara Table Top, yang mempertemukan puluhan penjual  jasa wisata NTB dengan para pembeli (buyer) dari Jakarta.

Terkait hal ini Gubernur NTB HM Zainul Majdi menyebut kedepan even-even seperti ini akan terus ditingkatkanDimana, peran serta masyarakat dalam promosi wisata seperti ini diharapkan mampu mempercepat target pencapaian satu juta kunjungan wisatawan ke NTB tahun 2013 dapat tercapai.

"Kita sangat optimis, apa yang telah kita canangkan bisa terwujud," ujarnya kepada JPNN usai acara tersebut

Dari pemerintah daerah sendiri, paket stimulan dan insentif kepada para investor wisata telah disiapkanSeperangkat perda dan aturan lain telah disiapkan untuk mempermudah para pemodal dibidang wisata.

"Kami akan memberikan kemudahan dalam berinvestasi," tegasnnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya  NTB L Gita Aryadi menambahkan, selain promosi kesiapan masyarakat dan pelaku wisata daerah terus ditingkatkanPihaknya sendiri kini terus mematangkan rencana pengembangan atraksi-atraksi wisata baru berbasis kemasyarakatan di NTBDiantaranya wisata budidaya Mutiara yang kini menjadi trademark baru pariwisata daerah.

"Telah kita rancang, para pelaku usaha budi daya Mutiara kini telah siap menjadi tuan rumah bagi kunjungan wisata, demikian halnya para travel agent telah siap menjual wisata marine culture itu," imbuhnya.

 Wisata budidaya Mutiara ini, juga merupakan strategi baru pemerintah daerah untuk memindahkan pasar mutiara Indonesia ke NTBPasalnya NTB sebagai salah satu penghasil mutiara terbesar di Indonesia, harus menjual produknya di daerah lain seperti Surabaya dan Jakarta.

Kedepan dengan paket wisata itu selain penjualan produk NTB dapat mengambil manfaat lebih dari kunjungan wisata para pembeli.(zul/fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gorontalo Banjir lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler