Longboat Bermuatan 15 Penumpang Tenggelam Dihantam Ombak Besar

Kamis, 20 Januari 2022 – 22:08 WIB
Petugas kepolisian dari Polsek Leksula saat berada di lokasi kejadian longboat bermuatan 15 penumpang tenggelam setelah dihantam ombak besar saat melintas di perairan Pulau Kabat, Kecamatan Leksula, Kabupaten Buru Selatan, Maluku, Kamis (20/1). Foto: Antara/HO Kepolisian

jpnn.com, BURU SELATAN - Sebuah longboat berpenumpang 15 orang tenggelam setelah dihantam ombak besar di perairan Pulau Kabat, Kecamatan Leksula, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku, Kamis (20/1) sekitar pukul 08.10 WIT.

"Longboat itu juga membawa barang berupa pisang dan cili," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Muhammad Roem Ohoirat.

BACA JUGA: 96 Kapal Berlayar Lagi Hari Ini, Ratusan Perusahaan Bisa Ekspor Batu Bara

Kombos Roem mengungkapkan longboat yang dikemudian Sudirman Marua (51) berangkat menuju Leksula dari Desa Sekat sekitar pukul 04.00 WIT.

Saat berada di perairan Pulau Kabat, bagian samping kapal itu dihantam ombak hingga air masuk ke dalam dan menyebabkan longboat tenggelam.

BACA JUGA: Berawal dari Video Viral, Kolonel Siswo Pimpin Penyergapan 8 Kapal Pencuri Batu Bara

Kejadian itu membuat ke-15 penumpang melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Beruntung tak lama setelah kejadian tersebut, sebuah kapal melintas di lokasi kejadian, sehingga seluruh penumpang longboat berhasil dievakusi.

BACA JUGA: Kolonel Siswo Pimpin Penyergapan 8 Kapal Pencuri Batu Bara, Lihat

Petugas dari Polsek Leksula langsung menuju lokasi kejadian setelah menerima informasi mengenai kecelakaan tersebut.

Namun saat sejumlah polisi sampai di tempat kejadian, semua korban kecelakaan sudah diselamatkan oleh Kapal Sinar Palea yang sedang melewati tempat itu.

"Seluruh penumpang berhasil diselamatkan. Mereka kini menunggu transportasi untuk kembali ke Desa Sekat," kata Kombes Roem.

Namun, hasil kebun berupa 60 ikat pisang dan 11 karung cabai yang diangkut longboat tersebut tidak bisa diselamatkan, termasuk uang Rp 7 juta milik pengemudi longboat dan Rp 1,5 juta milik seorang penumpang. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler