Longsor di Luwu Sulsel, Jasad 4 Korban Ditemukan

Senin, 04 Oktober 2021 – 18:43 WIB
Satu jenazah korban yang tertimbun tanah longsor dievakuasi setelah ditemukan di Desa Ilanbatu, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Senin (4/10). Foto: ANTARA/Darwin Fatir

jpnn.com, LUWU - Jasad empat orang yang hilang tertimbun tanah longsor di Desa Ilanbatu, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, akhirnya ditemukan.

Korban bernama Rahman (16), Topan (11), Iman (7), dan Purqan (4).

BACA JUGA: 2 Ibu Rumah Tangga Berbuat Terlarang, Hhmm, ke Mana Suami Mereka?

Para korban merupakan anak Kepala Desa Ilanbatu Abdul Salam.

"Sudah ditemukan semua. Tadi jam satu, kemudian jam tiga ditemukan lagi dua, sore tadi ditemukan lagi satu, jadi empat. Semuanya meninggal tertimbun longsor," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Luwu Rahman Mandaria saat dikonfirmasi dari Makassar, Senin.

BACA JUGA: Kubu Moeldoko Tidak Terima Serangan Anak Buah AHY, Pakai Diksi Penjajah

"Korban bersaudara semua, anaknya itu Kepala Desa. Kalau yang longsor hanya rumahnya kepala desa yang kena. Memang ada beberapa kejadian titik longsor, tetapi hanya rumah pak kades kena," kata Rahman.

Sedangkan korban yang selamat, kata dia, hanya tiga orang, kepala desa, istri, dan satu anak bungsunya. Sedangkan empat anggota keluarganya meninggal tertimbun tanah longsor saat kejadian pada Minggu (3/10) sore.

"Awalnya kan tiga yang selamat, termasuk pak desa, istri dan anak bungsunya. Kemudian ditemukan anak-anaknya semua, empat orang," sebutnya.

Untuk upaya penanganan BPBD atas bencana itu, lanjut Rahman, saat ini sudah membuka posko gabungan termasuk membuka dapur umum di Posko induk.

Selanjutnya, menyalurkan bantuan logistik ke empat kecamatan yang terdampak banjir serta satu kecamatan yang terdampak longsoran tersebut.

Sebelumnya, musibah banjir bandang dan tanah longsor terjadi pada Minggu 3 Oktober 2021, sekitar pukul 17.26 WITA.

Dari pemantauan BPBD setempat, banjir melanda empat kecamatan yakni Kecamatan Walenrang, Walenrang Utara, Walenrang Timur dan Lamasi Timur. Sedangkan Bencana alam tanah Longsor di Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu.

Banjir bandang tersebut diakibatkan Sungai Lamasi meluap dikarenakan intensitas curah hujan tinggi dan disaat bersamaan air laut juga pasang di pantai Lamasi, membuat air kembali ke permukaan.

Tercatat sebanyak 237 unit rumah warga terendam air, tiga rumah, tujuh ekor hewan ternak dan kandang ayam potong dibawa hanyut air serta puluhan puluhan hektare lahan persawahan terendam ikut terendam air dengan ketinggian bervariasi antara 20-100 centimeter.

Untuk puluhan korban terluka sudah mendapatkan perawatan medis di puskesmas setempat.Selain itu, terdapat lima desa dengan 12 ribu jiwa masih terisolir karena akses jalan kesana tertimbun longsor. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler