Lorenzo Bikin Waswas Honda

Minggu, 02 Oktober 2011 – 09:03 WIB
Casey Stoner. Foto: MCNews.com.AU

MOTEGI - Sirkuit Motegi menunjukkan begitu bersahabat bagi HondaPembalap Repsol Honda Casey Stoner membuat Honda melebarkan senyum di sirkuit milik Honda itu

BACA JUGA: Tembus 1.000 Menit Clean Sheet

Tapi, itu terjadi di bawah ancaman Yamaha dalam kualifikasi MotoGP Jepang yang digelar kemarin (1/10) WIB.

Stoner yang kini masih berada di puncak klasemen sementara, meraih pole position yang kesepuluh sepanjang musim ini
Saat sudah merasa nyaman menuju lima menit terakhir sesi kualifikasi, pembalap Yamaha Jorge Lorenzo malah melampaui catatan waktu terbaiknya

BACA JUGA: 37 jadi Simbol Keberuntungan

Sisa waktu dimanfaatkan dengan baik oleh Stoner untuk mengalahkan Lorenzo.

Di akhir sesi, Stoner menciptakan waktu terbaik 1 menit 45,267 detik
Dalam lima menit terakhir setelah Lorenzo berada di atas, Stoner mampu meningkatkan catatan waktunya lebih dari 0,3 detik

BACA JUGA: Menang, RD Tak Puas

Hasilnya, dia mengungguli Lorenzo hingga 0,256 detik di akhir.

"Tak ada keraguan, Honda cocok dengan sirkuit iniKami mencoba setting berbeda di siang hari (kualifikasi), tapi tak banyak peningkatanJadi kami kembali ke setting pagi hari (latihan terakhir)," urai Stoner seperti dikutip Crash.

Stoner melakukan start dengan keunggulan 44 poin dari LorenzoDengan kondisi tersebut, dia makin dekat pada gelar juara dunia, gelar keduanya di MotoGPCukup dengan meraih tiga podium di empat balapan tersisa, pembalap Australia itu sudah akan memastikan gelarnya.

Namun, Dia harus tetap waspada pada upaya Lorenzo.  Sang juara bertahan tak punya banyak pilihan di sisa musimDia harus mampu berada di depan Stoner dan bila mungkin menangMotivasi semacam itu sudah dibawa Lorenzo di kualifikasi.

Lorenzo tak banyak mengancam di sesi latihanPaling bagus, dia hanya berada di urutan kelimaTapi, perubahan besar pada setting membuat Lorenzo kembali menguak kans menang di Motegi.

"Kami mengubah setting motor secara keseluruhan siang ini, banyak peningkatan dan lap time kami luar biasaTapi, Motegi tetap menjadi sirkuit yang sulit bagi pembalap YamahaJika pembalap lain mendapatkan balapan yang sempurna, sulit bagi kami untuk menang," ungkap Lorenzo.

Lalu bagian mana yang membuat Lorenzo mampu meningkatkan catatan waktunya hingga lebih baik 2 detik dari saat latihan? Manajer tim Yamaha Factory Racing Wilco Zeelenberg menyebut sisi pengereman berperan besarKondisi tersebut membuat pembalapnya mampu melahap tikungan demi tikungan dengan lebih mulus.

"Jorge bisa menghentikan motor dengan baikGrip saat motor mencapai sudut maksimum kemiringan juga mengalami peningkatanJadi, dia bisa melakukan pengereman, masuk tikungan dan berakselerasi lebih baik sekarang," terang Zeelenberg.

Melengkapi barisan terdepan start adalah peraih pole musim lalu, Andrea DoviziosoDi belakangnya, sesama rider Repsol Honda Dani Pedrosa yang sempat menjadi pembalap tercepat di sesi latihan sehari sebelumnyaDia diikuti Ben Spies (Yamaha) dan Marco Simoncelli (Honda Gresini)Sementara pembalap Ducat Valentino Rossi harus puas dengan posisi start ketujuh(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panggil Alba, Percaya Torres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler