LSP RHN Sertifikasi Kompetensi Karyawan Hotel di Jakarta

Kamis, 24 Juni 2021 – 20:44 WIB
BNSP saat meninjau dan membuka sertifikasi kompetensi. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kunjung Masehat membuka sertifikasi kompetensi bidang perhotelan di Hotel Ayana Jakarta, Rabu (23/6).

Sertifikasi tersebut digelar oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara (RHN).

BACA JUGA: Dukung Program Presiden Jokowi, BNSP Sertifikasi Karyawan Hotel di Likupang

Menurut Kunjung, pandemi bukanlah halangan untuk terus mengasah kompetensi. Justru kondisi itu merupakan tantangan bagi seluruh peserta agar makin berdaya saing dan eksis di masa depan.

“Dalam suasana yang hari ini memerah (zona merah), tetapi masih menunjukkan kondisi yang prima untuk mengikuti sertifikasi kompetensi ini,” kata Kunjung dalam sambutannya.

BACA JUGA: BNSP-LSP RHN Sertifikasi SDM Pariwisata Kawasan Bromo

Dia mengingatkan agar sepanjang pelaksanaan sertifikasi kompetensi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kunjung menjelaskan, sertifikasi kompetensi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia sesuai dengan program pemerintah, yaitu mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing demi mewujudkan Indonesia Maju.

BACA JUGA: BNSP Sebut Upaya Manajemen Hotel Nihi Sumba Ini Pantas Dicontoh

Karena itu, dia berpesan kepada seluruh peserta asesi perhotelan itu untuk memanfaatkan sebaik mungkin program Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) yang digelar selama dua hari, 23-24 Juni 2021.

BNSP sebagai sebuah badan diberi otoritas oleh negara untuk melakukan sertifikasi kompetensi sekaligus mempercepat tumbuh kembang SDM unggul,” kata Kunjung.

Pada kesempatan itu, Kunjung juga menyerahkan sertifikat kompetensi kepada sejumlah karyawan Hotel, yaitu Amanda Kencana Jaya (Receptionis Hotel Tribrata), Guspriadi Abi Anggoro (Receptionis Hotel Ra Simatupang), Raden Fitra (Room Attendant Novotel Cikini), dan Marshel Kaindeh (Front Office Level II Swissbell Pondok Indah).

Sementara itu, General Manager Hotel Ayana Jakarta, Christian Hochtl menyambut baik sertifikasi kompetensi bagi karyawannya.

Menurut dia, program itu sangat penting untuk mengasah keterampilan sekaligus pengakuan negara terhadap mereka.

“Saya sangat senang dan saya bangga bahwa kami memiliki kesempatan untuk menyambut BNSP dan LSP Rajawali Hospitality Nusantara. Seluruh peserta harus tahu bahwa kalian dapat membuat reputasi yang baik untuk Indonesia,” kata Christian. (*/adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler