Luna Maya Cs Dikecam Netizen, Diminta Ikut Padamkan Karhutla

Kamis, 29 Agustus 2019 – 11:55 WIB
Posting-an Luna Maya dan sejumlah artis tentang karhutla yang dianggap tidak valid data dan fakta tentang penanganan kebakaran hutan. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah warganet mengecam Luna Maya, Happy Salma, dan banyak artis lainnya lewat akun para selebritas itu di Instagram.

Kecaman itu muncul karena para artis ini mengunggah foto terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tidak berimbang. Posting-an para artis itu diduga di-endorse oleh pihak tertentu yang memiliki kepentingan.

BACA JUGA: Amazon Membara, Pemerintah Norwegia Kumpulkan Perusahaan-Perusahaan Besar

Dugaan endorse ini merujuk pada posting-an dengan narasi dan foto yang semuanya sama persis tentang penanganan karhutla di Provinsi Jambi.

Dalam posting-annya, Luna Maya cs menautkan akun medsos Presiden Jokowi dan Menteri LHK Siti Nurbaya, dengan menyebutkan bahwa pemadaman Karhutla di Jambi dilakukan oleh petugas LSM WWF.

BACA JUGA: Maia Estianty Sebut Luna Maya Sudah Punya Kekasih, Siapa tuh?

Hal ini memantik reaksi netizen, karena menilai para artis tidak memahami persoalan karhutla dan hanya asal posting di akun media sosial mereka.

''Artis2 ini di-endorse. Buka mata mba. Banyak yang bekerja di lapangan, bukan cuma yang disebutkan. Bahasa anda terkesan pemerintah cuma ongkang2 kaki. Baca berita. Ada yang cacat sampai meninggal di Jambi berjuang memadamkan api. Sesekali turun lihat. Saya tantang untuk turun dan posting perjuangan Satgas Karhutla di lapangan,'' kecam akun @mantapdang pada akun Luna Maya.

BACA JUGA: Solusi Pemerintah Atasi Karhutla di Kemarau Panjang

BACA JUGA : Kemarin Marah Sama Direksi PLN, Hari Ini Jokowi Ancam Pangdam dan Kapolda

Sejumlah warganet ini mengecam para artis ini tidak memberikan informasi yang valid, karena ternyata api di lokasi yang disebutkan sudah padam.

Ditambah posting-an itu hanya menonjolkan kerja LSM asing WWF. Ini dianggap sejumlah warganet sebagai ajang LSM itu untuk pencitraan semata.

Akun Happy Salma di Instagram turut dikritik warganet karena mengunggah konten yang sama persis dengan Luna Maya.

''Numpang foto aja kok dibanggain...Manggala Agni bekerja mati-mati2an berbulan2 demi memadamkan api...Mbak Happy harusnya sering2 kepoin akun @sipongi_klhk tuh biar lihat perjuangan teman2 manggala agni...jgn endorse doang,'' tulis akun hendra_suryawan18.

''Tanya WWF. Dia kerja apa? ngawur itu WWF...sok bekerja dan seolah2 pemerintah Indonesia gak kerja. Mereka cuma memadamkan alang-alang, foto-foto trus pulang,'' tegas akun @mantapdang.

BACA JUGA : Arahan Tegas Presiden Jokowi Terkait Penanganan Karhutla

Kecaman juga datang karena dalam posting-an yang semua isi dan fotonya sama persis, para artis sama sekali tidak ada menyinggung upaya yang sudah dilakukan pemerintah melalui kerja brigade Manggala Agni.

Padahal tim pemadam dari KLHK yang menjadi bagian Satgas Karhutla ini, baru saja kehilangan salah satu rekan mereka yang meninggal dunia saat memadamkan titik api di Provinsi Jambi.

''@happysalma Sebaiknya Mba turut serta dalam upaya mendukung keras dari Satgas karhutla dalam melakukan pemadaman. Yang pasti pemerintah hadir dalam setiap kejadian karhutla. Dan perlu mbak tau, bahwa TELAH GUGUR rekan kami di DAOPS MUARA BULIAN pada saat melakukan upaya pemadaman di Jambi. Jadi tolong untuk menjaga situasi saat ini mbak. Tolong kami supaya mba untuk turut serta menyebarkan UPAYA PEMADAMAN. itu jauh lebih baik mbak..'' tulis akun manggalaagni_daopssibolangit pada akun Happy Salma di Instagram.

Happy yang membaca kecaman itu langsung menjawab komentar warganet.  Dia membantah menerima endorse komersial untuk mengunggah soal karhutla di Jambi.

"Saya tidak menerima satu rupiah pun untuk menyebarkan rasa khawatir dan sedih saya ini. Saya tidak cari uang di sana. Terima kasih untuk informasinya. Kalian pejuang luar biasa,"  tulis Happy di kolom komentar yang ditulis sejumlah akun termasuk  juga dari  akun Manggala Agni Jambi.

Happy juga langsung menghapus posting-an soal karhutla itu dari akunnya di Instagram.

Posting-an para artis perihal kebakaran yang terjadi juga mendapat klarifikasi dari akun medsos Taman Nasional Bukit Tigapuluh. ''Kebakaran terjadi di daerah penyangga, berada di konsesi perusahaan dan petugas kami turut serta memadamkan api..,''.

Dari pantauan, para artis yang mengunggah karhutla dengan narasi dan foto yang sama persis, di antaranya adalah akun Chicco Jerikho, Tatjana Saphira, Wulan Guritno, Shalom Razade, Lukman Sardi, Luna Maya, Karina Joesoef, Amanda Gratiana, Aming, Ganindra Bimo, Ratna Galih, Happy Salma, dan beberapa akun lainnya.

Nama artis di atas seperti Chicco Jerikho dan Wulan Guritno, memang dikenal juga sebagai warrior WWF, yang merupakan lembaga nonpemerintah (LSM internasional).

Posting-an tersebut hanya menyebarkan informasi bahwa api belum padam, sehingga dianggap tidak berimbang karena tidak menuliskan mengenai upaya yang dilakukan tim satgas pemerintah di lapangan.

Serta tidak ada informasi lanjutan mengenai titik api yang berhasil diatasi. Posting-an di akun Luna Maya mendapat tanggapan dari sipongi_klhk.

''@lunamaya Pemprov Jambi telah menetapkan siaga darurat sejak tanggal 23 Juli-20 Oktober sehingga bisa mengatasi kebakaran lebih dini. Untuk pemadaman udara kami telah menuangkan air sebanyak 5.700.000 liter air khusus wilayah Jambi,'' tulis akun sipongi_klhk.

''Untuk kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sekitar Taman Nasional Bukit Tiga Puluh sudah ada upaya pemadaman yang dilaksanakan oleh Manggala Agni KLHK, TNI, Polri, Brigdalkar Taman Nasional dan masyarakat. Kondisi api sekarang sudah padam,'' tambahan informasi yang dituliskan.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menlu Larang Para Dubes Libur Selama Ada Kebakaran Hutan


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler