Lyon vs Bayern, Fase Krusial

Selasa, 27 April 2010 – 09:51 WIB
SERU - Pertarungan seru para pemain Bayern dan Lyon di leg pertama pekan lalu. Foto: UEFA.com.

LYON - Olympique Lyon sedang memburu sejarahTim besutan Claude Puel itu mengincar satu tiket di final Liga Champions musim ini, sesuatu yang belum pernah dicapai sejak menjadi klub profesional pada 1950.

Kekalahan 0-1 dalam first leg di kandang Bayern Munchen pekan lalu, memang membuat peluang mereka di atas kertas lebih kecil daripada sang lawan

BACA JUGA: Italia-AS Ulang Final 2009

Namun, peluang Lisandro Lopez belum habis
Mereka berkesempatan membalikkan skor, kala ganti menjamu Bayern di Stade de Gerland, dinihari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.40 WIB).

Ketinggalan 0-1 sebenarnya cukup tricky buat Lyon

BACA JUGA: Pemain Timnas Tak Sabar soal Pelatih

Untuk lolos, Les Gones - sebutan Lyon - wajib menang minimal 2-0 atau selisih dua gol
Skor 2-1 saja tidak cukup, karena Bayern akan diuntungkan dengan aturan gol away

BACA JUGA: Skandal Seks di Dunia Renang AS

Namun, klub yang pernah menyingkirkan tim bertabur bintang Real Madrid itu, tetap optimistis.

"Saya lebih suka berada dalam kondisi tertinggal seperti ini," ungkap pelatih Lyon, Claude Puel, sebagaimana dikutip AFP"Permainan tim saya selalu jauh lebih baik kalau sedang tertinggalKalau harus mempertahankan skor kemenangan, justru lebih sulit," lanjutnya.

Saat ini, ada beberapa hal yang mendukung konfidensi LyonDari segi pemain, kekuatan Bayern bakal tereduksi menyusul absennya playmaker jenius Franck RiberyDi leg pertama lalu, gelandang serang asal Prancis itu dikenai kartu merah langsung setelah menginjak engkel Lisandro LopezDari segi stamina, Bayern juga dipastikan lebih lelah, lantaran akhir pekan lalu harus meladeni Borussia MoenchengladbachSementara, Lyon tidak menjalani pertandingan akhir pekan.

:TERKAIT Buat Bayern, laga melawan Moenchengladbach punya kerugian gandaSelain memeras stamina Arjen Robben dkk, Bayern juga terancam kehilangan dua bek tengahnya, yakni Martin Demichelis dan Daniel van Buyten yang sama-sama mendapat cedera betisSatu-satunya kabar gembira adalah Bayern bisa kembali diperkuat kapten Mark van Bommel yang selesai menjalani larangan tanding.

"Saya mengalami benturan di bagian betis," ujar Van Buyten, usai laga yang berakhir 1-1 tersebut, seperti dilansir Reuters"Dan sakitnya semakin terasa setelah saya ditarik keluarSaya hampir tidak bisa melangkahSaya tidak tahu apakah bisa sembuh tepat waktu sebelum Selasa," lanjut bek timnas Belgia tersebut.

Yang jelas, saat ini masalah pertahanan-lah yang membuat pelatih Louis van Gaal puyengMeskipun Diego Contento main bagus di leg pertama lalu, dia lebih suka memasang pemain berpengalaman untuk fase krusial ini.

"Saya harap, salah satu dari bek tengah itu bisa main di leg kedua," kata Van Gaal"Kalau salah satu saja yang absen, saya bisa memasang Holger Badstuber di tengah, dan Contento di sayap kiriSaya sudah senang kalau bisa menurunkan formasi itu," lanjut der trainer asal Belanda itu.

Kalau soal pertahanan, Puel sebenarnya juga sedang miris memikirkan koleksi defender-nyaDia sudah kehilangan beberapa bek yang cederaSudah begitu, Jeremy Toulalan dipastikan absen, setelah menerima dua kartu kuning di leg pertamaNah, awal pekan ini ada berita buruk lagiKapten Cris diragukan bisa tampil, akibat cedera lutut dan panggul dalam sebuah sesi latihan"Cris memang diragukan bisa tampil, dan itu pukulan besar buat kami," kata Puel.

Tapi, bukan itu saja yang dicemaskan mantan pelatih Monaco tersebutMeskipun pemainnya cukup lengkap di leg pertama, performa Lisandro dkk tidak cukup memuaskanSehingga, selain mencari pengganti yang tepat buat Cris dan Toulalan, Puel juga harus memikirkan perubahan taktik untuk mengimbangi serangan Bayern yang dimotori Robben.

"Banyak evaluasi dan pelajaran yang kami dapat dari leg pertama," ucap Puel"Kala itu, kami tidak bisa main bebasKami tidak menjadi diri sendiriGampangnya, kami tidak tahu bagaimana bermain dengan gaya kami sendiri," ulasnya.

"Makanya, untuk kali ini, kami tidak akan bersikap terlalu optimistis tanpa dasarTapi saya tetap percaya, tim ini punya kesempatan lolos ke final," tegas Puel(na/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rifat Naik Podium, Rio ke GP3


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler