MA Lantik Ketua dan Wakil BPK

Senin, 26 Oktober 2009 – 13:54 WIB
JAKARTA–  Hadi Purnomo Ak dan  Dr Ir Herman Widyananda mengucapkan sumpah jabatan sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Wakil Ketua BPK RIPengucapan sumpah ini dipandu langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin A Tumpa disaksikan Wakil Presiden (Wapres) Boediono di gedung lantai 2 Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara.

Saat memandu sumpah tersebut, Harifin mengingatkan keduanya untuk menjaga kehormatan dan kewibaan jabatan masing-masing.

Pengangkatan keduanya berdasarkan keputusan sidang anggota BPK RI Nomor 11/K/I-Xiii.2/10/2009 tanggal 2009 tentang penetapan ketua dan wakil ketua BPK RI.

Sebelumnya, pemilihan wakil dan ketua itu dilaksanakan melalui pemungutan suara secara bebas dan rahasia oleh sembilan anggoya BPK sesuai dengan pasal 15 ayat 2 UU No 15 tahun 2006 tentang BPK yang menyatakan bahwa ketua dan wakil ketua dipilih dari dan oleh anggota BPK, dan peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BPK.

Sidang pemilihan dilangsungkan di gedung BPK pada 21 Oktober lalu dan dipimpin Ketua Sidang Sementara Taufiqurrahman Ruki.

Pelantikan itu dihadiri 7 anggota BPK lain yakni Drs Moermahadi Soerha Djanegara, Taufiqurrachman Ruki, Hasan Bisri SE MM, Ali Masykur Musa, MSi, Drs Sapro Amal Damandari Ak, Rizal Djalil, dan T Muhammad Nurlif

BACA JUGA: 217 Jenderal Ditatar Kepemimpinan

Kemudian Wakil Presiden Boediono dan sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II
(viv/JPNN)

BACA JUGA: Kapolri Bantah Ada Rekayasa

BACA JUGA: PDIP Tolak Kenaikan Gaji Menteri

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejari Siap Eksekusi Asad


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler