Mahasiswa Paramadina Ajak Murid SDN Gunung Putri 05 Jaga Lingkungan dengan Kreasi

Rabu, 20 Desember 2023 – 23:26 WIB
Kelompok-1 Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina 2023 melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema 'Beraksi dengan Warna Selamatkan Bumi Kita' di SDN Gunung Putri 05, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: source for jpnn

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kelompok-1 Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina 2023 melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema 'Beraksi dengan Warna Selamatkan Bumi Kita' di SDN Gunung Putri 05, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Program ini diinisiasi dengan tujuan utama mengajarkan para murid teknik ber-story telling yang baik dan benar, serta memberi mereka keberanian untuk tampil di depan kelas dan memanfaatkan barang bekas agar dimanfaatkan kembali.

BACA JUGA: Mahasiswa Paramadina Gelar Kegiatan Edukasi untuk Gen Z di Sekolah Masjid Terminal Depok

Fariz Alwy selaku ketua kelompok menyampaikan kegiatan ini tidak hanya sekadar pembelajaran, tetapi juga merupakan bentuk nyata dari komitmen mereka dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

BACA JUGA: Sejalan dengan Program Pemerintah, Universitas Paramadina Dukung Pengoptimalan UMKM

"Kami sangat antusias untuk berbagi pengetahuan dalam bidang komunikasi kepada anak-anak di SDN Gunung Putri 05," kata Fariz Alwy dalam keterangannya, Rabu (20/12).

Fariz Alwy mengatakan dengan tema tersebut, mereka ingin mengajarkan bahwa setiap cerita bisa menjadi alat yang kuat untuk menyampaikan pesan.

BACA JUGA: Rektor Paramadina: Sangat Penting Mencari Langkah Efektif Melawan Korupsi

"Kemudian warna dapat menjadi medium yang menyenangkan untuk mengungkapkan kreativitas mereka," ujarnya.

Sebagai bagian dari kegiatan tersebut, kelompok mahasiswa menyediakan galon bekas sebagai media untuk menggambar.

Rifqi Muhammad, anggota kelompok yang memimpin sesi ini menjelaskan pemilihan galon bekas sebagai media gambar tidak hanya sebagai alat praktis, tetapi juga mengandung pesan mendalam.

"Kami ingin menyampaikan pesan tentang keberlanjutan dan kreativitas. Galon bekas dapat menjadi pot tanaman yang berguna atau tempat sampah yang indah setelah dihias," terang Rifqi.

Rifqi berharap hal tersebut dapat mengajarkan para murid SDN Gunung Putri 05 tentang pentingnya mendaur ulang dan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun kegiatan dimulai dengan pembekalan materi story telling oleh Fariz Alwy yang memberikan panduan praktis tentang cara menyusun cerita yang menarik dan memikat pendengar.

Sesi berikutnya dipimpin oleh Rifqi Muhammad, yang memberikan instruksi langkah-demi-langkah tentang cara menggambar di media galon bekas.

Setelah itu, para murid SDN Gunung Putri 05 diajak untuk menceritakan hasil gambaran mereka dengan cara ber-story telling.

Peserta terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini.

Mereka tidak hanya belajar teknik-teknik ber-story telling, tetapi juga menyadari potensi kreativitas yang dapat mereka ungkapkan melalui seni dan penggunaan barang bekas.

Program pengabdian kepada masyrakat dengan tema 'Beraksi dengan Warna Selamatkan Bumi Kita' ini mencerminkan komitmen Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan.

Melalui pendekatan inovatif dan edukatif, kelompok mahasiswa berharap dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak untuk berani tampil di depan umum, berkreasi, menjaga lingkungan sekitar dengan cara yang menyenangkan dan bermakna. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler