Mahfud Anggap Ada Pernyataan Gibran yang Tidak Akademis, Ngawur, dan Receh

Senin, 22 Januari 2024 – 04:22 WIB
Cawapres Mahfud MD anggap ada pernyataan Gibran yang tak akademis, ngawur, dan receh. Foto: Ricardo/JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD terekam menolak menanggapi pernyataan sang kompetitor Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat kandidat Pilpres 2024 yang dilaksanakan di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1).

Momen itu bermula saat Mahfud menjawab pertanyaan dari Gibran soal cara paslon nomor urut tiga mengatasi inflasi hijau.

BACA JUGA: Berniat Lindungi Masyarakat Adat, Mahfud Tunjuk Tumbler No One Left Behind di Debat

Dia mengatakan soal inflasi hijau erat kaitan dengan ekonomi hijau, seperti memaksimalkan pemanfaatan sistem daur ulang.

"Sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi, pangan misalnya, produksi apa pun, diproduksi, kemudian dimanfaatkan, lalu direcycle, bukan dibuat. Jadi, bukan barang itu dibiarkan menganggu ekologi," kata eks Menhan RI itu, Minggu.

BACA JUGA: Uniknya Kostum Ratusan Pendukung Ganjar-Mahfud di Debat Cawapres, Bikin Semangat

Mahfud kemudian mengatakan cara mengatasi inflasi hijau dengan membuat kebijakan yang disesuaikan kondisi di lapangan.

"Kalau untuk mengatasi inflasi tentu yang paling gampang dengan kebijakan-kebijakan. Diatur saja jatahnya. Di sini harus ada data. Kecenderungan begini, kebijakan begini. Kecenderungan di sini begini, kebijakannya harus begini," kata dia.

BACA JUGA: Pelaku Pembunuhan Mahasiswi di Kota Depok Ternyata....

Gibran mendengar pernyataan Mahfud tampak menundukkan badan, lalu celingak-celinguk di atas panggung debat keempat kandidat Pilpres 2024.

"Saya lagi mencari jawabannya Prof Mahfud. Saya mencari-cari, di mana ini jawabannya. Kok, enggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau, kok, malah menjelaskan ekonomi hijau," kata dia.

Gibran dalam pernyataan tidak mengungkap soal cara mengatasi inflasi hijau dan hanya mengatakan contoh peristiwa di Perancis.

"Prof Mahfud yang namanya green flation atau ekonomi hijau kita kasih contoh simpel saja, demonstrasi rompi kuning di Prancis. Bahaya sekali. Sudah memakan korban. Ini kita harus antisipasi, jangan sampai terjadi di Indonesia," kata dia.

Mahfud yang mendengar itu tidak mau menanggapi balik pernyataan Gibran karena putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berbicara asal saja.

"Saya juga ingin mencari, tuh, jawabannya ngawur juga itu," kata eks Ketua MK itu, lalu geleng-geleng kepala dan tersenyum.

Mahfud pun menganggap pernyataan Gibran soal cara mengatasi inflasi hijau tidak akademis, sehingga tidak perlu ditanggapi.

"Gila ini. Mengarang-ngarang, enggak keruan mengaitkan sesuatu yang tidak ada. Gini, lo, kalau akademis itu gampangnya, kalau bertanya kaya gitu-gitu recehan. Recehan. Oleh sebab itu tidak layak dijawab," kata pria kelahiran Jawa Timur itu.

Mahfud selanjutnya mengembalikan momen debat ke moderator, karena tidak ingin menyikapi pernyataan Gibran.

"Saya kembalikan ke moderator, ini tidak layak dijawab pertanyaan begini. Ndak ada ini jawabannya. Saya kembalikan. Tidak ada gunanya menjawab," katanya. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Paparan di Debat Cawapres, Mahfud Langsung Sebut Food Estate Proyek Gagal


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler