Makam Pangeran Antasari Tergenang

Senin, 13 Desember 2010 – 07:52 WIB

BANJARMASIN - Makam Pangeran Antasari di kelurahan Surgi Mufti Banjarmasin ikut tergenang air sebagai imbas dari terendamnya Banjarmasin beberapa hari iniHal ini membuat pengelola makam kesusahan

BACA JUGA: Desa Mbah Marijan Dihidupkan Lagi

Lantai makam pun menjadi kotor dan berwarna kuning


Pangeran Antasari yang lahir di Kayu Tangi,  Kabupaten Banjar sekitar tahun 1797  dan meninggal di Bayan Begok, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah pada 11 Oktober 1862 dalam usia 53 tahun adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia

BACA JUGA: Demi Sultan, Ribuan Warga Gunungkidul Turun Gunung

Penerus tutus Kerajaan Banjar ini dimakamkan di Banjarmasin dan sekarang makamnya ada di Jalan Sungai Jingah Banjarmasin.

Namun sayangnya akibat tergenang air, kondisi makam jadi terkesan kotor
Belum lagi tumbuhnya rumput-rumput tinggi di sekitar makam semakin membuat kondisi makam nampak kurang terawat

BACA JUGA: Hari Ini, Jogja Gelar Sidang Rakyat



Dayan, penjaga yang bertugas merawat makam mengaku kesulitan dengan masuknya air ke dalam areal makam saat air pasangSetiap hari ia harus membersihkan makam yang terkena lumpur" Saya cukup kesulitan, sebab saat hari ini dibersihkan besoknya air masuk lagi," kemarin.

Saat ditemui Radar Banjarmasin (grup JPNN), Dayan nampak sedang membersihkan makam dari sisa-sisa genangan airIa bahkan harus menggunakan cairan pembersih lantai khusus yang baru dibelinya untuk membersihkan lantai makam yang terbuat dari keramik putih"Susah membersihkannya kalau tak pakai cairan pembersih lantaiKotorannya sampai nempel akibat calap," ujarnya.

Dayan sebenarnya merasa cukup dengan upah sekitar Rp 600 ribu per bulanNamun kali ini ia merasa cukup kerepotan akibat tergenangnya makam akibat air pasang dan tingginya intensitas hujan yang mengguyur BanjarmasinSebelumnya tidak pernah seperti ini.

Makam ini biasanya ramai didatangi saat hari peringatan pahlawan nasional maupun kemerdekaan Republik IndonesiaGubernur maupun pelajar tiap tahun rutin ke makam ini untuk mengenang pahlawan nasional iniBanyak pelajaran sejarah yang bisa diambil dari tokoh yang satu ini.

Kondisi di sekitar makam Pangeran Antasari dikelilingi oleh pemakan umum yang cukup luasKalau kita mencari makam ini akan cukup mudahKarena makam Pangeran Antasari lah yang nampak lebih mencolok dari yang lainnyaDengan atap khusus dan berlantaikan keramik.

Lokasi pemakaman cukup dekat dengan Mesjid Jami Sungai JingahHanya sekitar 200 meter di samping masjid kita akan menemukan makam tersebutNamun sayangnya di sekitar pemakaman nampak terlihat tempat pembuangan sampah yang menimbulkan aroma tak sedap(mr-116)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lupa Bawa KTP, Gagal Ikut Tes CPNS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler