Benarkah Mandi Setelah Makan Bisa Membahayakan Kesehatan?

Rabu, 06 September 2017 – 04:38 WIB
Mandi. Foto IST

jpnn.com - Mandi merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan umtuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan orang menganggap mandi setelah makan menyimpan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Benarkah?

Sebelum menjawab hal tersebut, klikdokter.com mencoba memberi pemahaman yang harus diluruskan terlebih dahulu, yaitu mandi dan makan adalah dua aktivitas yang berbeda.

BACA JUGA: Awas! Hindari 5 Makanan Pembawa Mimip Buruk Ini

Mandi adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan bagian luar tubuh. Sedangkan makan merupakan aktivitas yang berkaitan dengan organ-organ dalam tubuh.

Jadi, anggapan bahwa mandi setelah makan bisa mengancam kesehatan adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan.

BACA JUGA: Pakar: Susu Kental Manis Tak Menggangu Pertumbuhan Gizi Masyarakat

Meski begitu, terdapat beberapa bahaya lain yang mengancam kesehatan bila melakukan aktivitas berat usai makan, salah satunya adalah perut kram.

Perut kram terjadi karena sebagian aliran darah terfokus ke organ-organ pencernaan. Sedangkan aktivitas-aktivitas berat yang dilakukan, membuat otot-otot juga membutuhkan peningkatan aliran darah. Kompetisi antara kedua sistem tubuh inilah yang bisa membuat kram.

BACA JUGA: Makanan Ini Mencegah Penyakit yang Dapat Menyerang Otak Manusia

Berikut tiga aktivitas yang harus Anda hindari setelah makan, yaitu:

1. Langsung tidur.

Banyak orang mengaku mengantuk setelah makan. Jika memang benar seperti itu, Anda sebaiknya menahan rasa kantuk sebentar saja.

Bila menuruti rasa kantuk dan tidur, makanan yang baru saja masuk tidak dapat dicerna dengan baik. Makanan yang masih dicerna di lambung mungkin saja naik lagi ke kerongkongan.

2. Merokok setelah makan.

Bagi sebagian orang, merokok setelah makan terasa nikmat. Padahal, Anda tentu tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Bila mengalami gastritis, kolitis, dan irritable bowel syndrome, Anda akan mengalami efek buruk dari merokok yang lebih parah.

3. Minum teh.

Teh mengandung zat yang bisa menyerap sari-sari makanan. Kandungan tersebut berupa zat tanin, suatu senyawa yang bisa memengaruhi penyerapan protein dalam lambung.

Minum teh setelah makan juga bisa menghambat penyerapan zat besi. Jika kebiasaan minum teh usai makan terus-menerus berlanjut, tubuh akan mengalami anemia atau kekurangan zat besi.

Jadi, memang ada beberapa hal yang harus Anda hindari setelah makan, untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan.

Sedangkan, anggapan bahwa mandi setelah makan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.(BA/ RVS)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jenis Makanan Ini Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Mandi   Makanan  

Terpopuler