Makanan Ini Cocok untuk Program Diet

Rabu, 28 Desember 2016 – 19:20 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Today

jpnn.com - Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh langsing dan ideal, termasuk melakukan program diet. Dari berbagai jenis diet yang ada, diet rendah karbohidrat selain terbukti mampu menurunkan berat badan juga tetap bisa menjaga kesehatan tubuh.

Diet ini dilakukan dengan mengurangi jumlah asupan karbohidrat dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang rendah.

BACA JUGA: Tidak Bisa Tidur? Coba deh Trik Ini

Makanan apa saja yang memiliki kandungan karbohidrat rendah yang cocok untuk program diet rendah karbohidrat? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Today, Selasa (27/12).

1. Alpukat

BACA JUGA: Hmmm... Ini Efek Positif Minum Wine sebelum Merokok

Sepertiga dari buah alpukat mengandung hanya 5 gram karbohidrat dan juga tinggi lemak sehat tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan terkait dengan pembakaran lemak perut.

2. Brokoli

BACA JUGA: Ini Nih Rahasia Teh Chamomile untuk Kesehatan

Brokoli hanya mengandung 30 kalori dan 6 gram karbohidrat, namun mengandung 3 gram serat dan seperti sayuran lainnya, kaya akan senyawa pelawan kanker yang disebut glucosinolates.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan trigliserida rantai menengah yang tidak mengandung karbohidrat sama sekali. MCT (trigliserida rantai menengah) adalah jenis lemak jenuh yang bisa membantu Anda meningkatkan kolesterol baik dan bahkan membantu Anda membakar lemak.

4. Terong

Secangkir penuh terong mengandung kurang dari 5 gram karbohidrat dan mengandung nasunin, senyawa yang melindungi sel-sel otak Anda dari oksidasi.

5. Telur

Telur mengandung 0,6 gram karbohidrat dan 6 gram protein.

6. Grapefruit

Grapefruit hanya mengandung 13 gram karbohidrat dan juga rendah gula dibandingkan dengan buah jeruk lainnya. Satu studi menunjukkan ada hubungan positif antara makan setengah jeruk sebelum makan dan penurunan berat badan.

7. Yogurt Yunani

6 ons yogurt Yunani mengandung sekitar 6 gram karbohidrat dan 17 gram protein.

8. Kacang hijau

Kacang hijau mengandung 7 gram karbohidrat per cangkir dan kaya vitamin K yang memberikan kontribusi untuk kesehatan tulang, pembekuan darah yang sehat dan membantu mencegah penyakit jantung.

9. Zaitun

Zaitun hanya mengandung 1 gram karbohidrat dan oleuropein, antioksidan yang telah terbukti menurunkan kolesterol dan mencegah stres oksidatif.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalau Begini, Yakin Masih Ragu Untuk Bersyukur?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler