Makbul Padmanegara Pensiun Akhir Tahun Ini

Pengganti Wakapolri Idealnya dari Bintang Dua

Senin, 14 Desember 2009 – 00:20 WIB
JAKARTA - Gerbong pergantian perwira tinggi di tubuh Mabes Polri bakal bergulir lagiItu seiring akan pensiunnya Wakapolri Komjen Pol Makbul Padmanegara pada 30 Desember mendatang

BACA JUGA: Bambang Siap Ladeni Gugatan Sri Mulyani

Namun, hingga kini siapa pengganti Makbul yang akan mendampingi Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri masih teka-teki.
   
Isu yang berkembang, pengganti Makbul justru akan diisi mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji
Sebab, dia kini menjadi perwira bintang tiga yang non-job

BACA JUGA: Robert Lebih Hebat dari Anggodo

Selain Susno, bintang tiga lainnya adalah Irwasum Komjen Pol Jusuf Manggabarani, Kababinkam Komjen Pol Iman Haryatna, dan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BNN Komjen Pol Gories Mere.
   
"Masyarakat tentu akan bereaksi lagi jika yang muncul (sebagai Wakapolri) adalah Susno," kata Neta S
Pane, ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Minggu (13/12)

BACA JUGA: Waspadai Pengalihan Isu Century

Dia juga mengkhawatirkan Susno bersikap lebih arogan lagi mengingat istilah cicak dan buaya berasal dari mantan Kapolda Jabar itu.
   
Nah, jika yang diangkat menjadi Wakapolri adalah salah satu dari bintang tiga yang sudah menjabat, menurut Neta, juga akan timbul pertanyaan"Bintang tiga yang ada kita sudah tahu bagaimana kerjanyaNanti tidak bisa berkembang," kata pria kelahiran Medan itu.
   
IPW, lanjut dia, mengusulkan jenderal bintang dua yang mengisi posisi Tri Brata 2 (wakapolri)Alasannya, mereka yang masih muda diharapkan bisa memberikan energi baru dalam reformasi di tubuh kepolisian"Setelah itu akan naik menjadi bintang tigaBagaimanapun, posisi Wakapolri sangat strategis dan memegang peran dalan pembinaan internal," terang penulis buku Polri Membentang Paradigma Baru itu.
   
Lebih lanjut Neta menyebut, calon Wakapolri itu bisa diambil dari Akpol angkatan 1977 atau 1978Namun dia menolak menyebut nama jenderal bintang dua yang layak duduk sebagai Wakapolri"Stoknya banyakTapi catatannya, jangan ditampilkan (dipilih) yang bermasalah sewaktu menjabat," tegasnya.
   
Dalam catatan koran ini, ada beberapa nama jenderal bintang dua yang cukup dikenalDi antaranya Kadiv Humas Irjen Nanan Soekarna (Akpol 1978), Kapolda Jabar Irjen Pol Timur Pradopo (1978), Kadiv Propam Irjen Pol Oegroseno (1978), dan Kapolda Jateng Irjen Pol Alex Bambang Riatmojo (1977)(fal/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dicurigai Hanya Bidik Pejabat Tertentu


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler