Malam Hari ke Cimanggis, Sandiaga Berbicara soal Keris

Rabu, 20 April 2022 – 10:45 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno bersama Ketua Umum SNKI Fadli Zon di Depok, Selasa (19/4/2022 ) malam. Foto: JPNN

jpnn.com, DEPOK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno melontarkan pujiannya tentang keris.

Menurut dia, keris bukan hanya hasil karya seni luar biasa, melainkan juga punya potensi ekonomi besar.

BACA JUGA: SNKI Tambah Usia, Fadli Zon Usung Misi Keris Kian Mendunia

"Keris ini punya potensi ekonomi kreatif, membuka banyak lapangan kerja," ujar Sandiaga saat menghadiri peringatan hari ulang tahun ke-16 Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) di Rumah Kreatif Fadli Zon, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (19/4 ) malam.

Politikus cum pengusaha itu menjelaskan dunia mengakui keris sebagai salah satu mahakarya dari Indonesia. Buktinya, keris tercatat sebagai warisan budaya nonbenda atau intangible cultura heritage (ICH) versi Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

BACA JUGA: Ini Fakta Baru WN China Pakai Seragam Militer di Aceh, Oalah

Sandiaga pun menegaskan kelestarian keris sebagai warisan budaya harus dijaga. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka pintu kerja sama bagi pihak mana pun dalam menjaga warisan budaya.

"Kami siap berkolaborasi," kata Sandi.

BACA JUGA: Anak Perempuan Ini Melahirkan, saat Ditanya Siapa Ayah Bayinya, Astagfirullah

Selain itu, Kemenparekraf juga berencana memberikan penghargaan bagi daerah penghasil keris. "Kami mau beri (penghargaan) kabupaten kreatif khusus keris," katanya.

Adapun Fadli Zon sebagai Ketua Umum SNKI mengakui potensi keris secara ekonomi.

"Sisi ekonomi kreatif keris sebenarnya cukup menonjol," katanya.

Politikus Gerindra itu menjelaskan sejumlah daerah di Indonesia yang dikenal sebagai penghasil keris. Misalnya, Yogyakarta, Solo, dan Madura.

"Malah Madura bisa dibilang ibu kota keris," katanya.

Karena itu, Fadli berharap Kemenparekraf bisa bekerja sama dengan SNKI. "Kemenparekraf bisa memfasilitasi dalam menghasilkan sertifikasi untuk penilaian keris," katanya.

BACA JUGA: Arief Poyuono: Kangmas Jokowi Harus Segera Copot Mendag Lutfi

Pada acara yang sama, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menyebut keris lebih dari persembahan warisan budaya.

"Keris merupakan hasil perpaduan ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya.

Peraih gelar sarjana di bidang teknik mesin dari University of Manitoba, Kanada, itu mengaku pernah belajar metalurgi. Menurutnya, pembuatan keris melalui proses yang luar biasa.

"Penempaan keris itu belum ada yang bisa menduplikasi," katanya. (fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler