Man United v Chelsea: Tak Cukup Seri!

Selasa, 12 April 2011 – 11:49 WIB
GOL - Wayne Rooney saat merayakan satu-satunya gol kemenangan Man United atas Chelsea, yang dicetaknya dalam laga leg pertama pekan lalu. Foto: Reuters.
MANCHESTER - Manchester United mengalahkan Chelsea 1-0 di Stamford Bridge pekan lalu (6/4)Kemenangan itulah yang membuat United difavoritkan lolos ke semifinal Liga Champions kali keempat dalam lima musim terakhir

BACA JUGA: Rusuh, Laga PSPS Vs Persiwa Batal

Terlebih, Setan Merah - sebutan United - menjadi tuan rumah dalam pertemuan kedua dini hari nanti (siaran langsung RCTI, kickoff 01.45 WIB).

United praktis hanya butuh seri untuk lolos
Dengan statistik belum pernah kalah di Old Trafford sepanjang musim ini, tugas Setan Merah tidak berat

BACA JUGA: Rahmad - Aji Santoso Kandidat Pendamping Riedl

Kali terakhir tim asuhan Sir Alex Ferguson itu kalah home dalam ajang Eropa adalah saat diperdaya  0-1 Besiktas (Turki) di fase grup Liga Champions musim lalu.

Tapi, Ferguson mengatakan apabila berpikir lolos dengan seri akan menjadi bumerang bagi timnya
"Kami harus menang dan melupakan opsi lainnya," tegasnya kepada MUTV.

"Jalan terbaik untuk lolos adalah memenangkan pertandingan dengan permainan terbaik karena saya tidak mau berandai-andai seperti apabila Chelsea mencetak gol dulu," tambah pelatih yang biasa disapa Fergie itu.

Ferguson memprediksi kedua tim tetap akan bermain hati-hati di Old Trafford dan menghindari kesalahan sekecil apa pun karena bisa mempengaruhi hasil akhir

BACA JUGA: Tetap Laga Meski Gaji Ngadat

"Kami hanya memiliki keunggulan satu gol sehingga harus selalu fokus sepanjang pertandingan," tuturnya.

Di pihak lain, pelatih Chelsea Carlo Ancelotti percaya tim asuhannya mampu membalas kekalahan di pertemuan pertamaKemenangan 2-1 di Old Trafford musim lalu (3 April 2010) menjadi sumber motivasi timnya"Kami tetap percaya diriSetahun lalu, kami menang di Old Trafford," ucapnya di Chelsea TV.

Ancelotti percaya, sekalipun bermain di bawah tekanan fans United, tidak ada alasan timnya tidak bisa menang di Old TraffordDalam sejarah fase knockout di era Liga Champions, hanya ada dua tim yang berhasil lolos dari posisi kalah 0-1 dalam pertemuan pertama di kandang sendiri.

Yakni, Inter Milan di babak 16 besar musim iniKalah 0-1 di Giuseppe Meazza dari Bayern Munchen, Inter balik menang 3-2 di JermanSatu lagi adalah Ajax Amsterdam pada semifinal 1995-1996Ajax menang 3-0 di kandang Panathinaikos (Yunani) untuk membalas kekalahan 0-1 di kandang sendiri.

"Ada ungkapan di Italia yang mengatakan: apabila Anda sudah memiliki dua, Anda akan memiliki yang ketigaSaya percaya Chelsea bisa menjadi yang ketigaYang terpenting, pemain harus memiliki kepercayaan diri bisa meraih kemenangan," papar Ancelotti yang dua kali meraih gelar Liga Champions baik sebagai pemain maupun pelatih itu.

Yossi Benayoun, gelandang Chelsea, merespons pernyataan AncelottiBenayoun yang kembali pulih dari cedera lutut enam bulan terakhir itu mengatakan apabila laga di Old Trafford menjadi laga penentu nasib Chelsea musim ini.

Liga Champions menjadi harapan terakhir The Blues - sebutan Chelsea - meraih prestasi musim ini setelah kans merebut gelar Premier League lebih berpihak kepada United"Jika kami gagal di Old Trafford, berakhir sudah musim ini bagi kami," jelasnya.

Sebaliknya dengan UnitedBerhasil mengatasi Chelsea dan lolos ke semifinal Liga Champions membuka asa Setan Merah meraih treble winners (tiga gelar) musim iniSelain Premier League, Nemanja Vidic dkk lolos ke semifinal Piala FA dan akan menghadapi rival sekota, Manchester City, di Wembley akhir pekan nanti (16/4).

"Jika kami meraih hasil positif atas Chelsea di Liga Champions, kami punya modal bagus menghadapi City di Wembley," tutur Michael Carrick, gelandang bertahan United, kepada Daily Telegraph(dns/bas)

Perkiraan Pemain

Man United (4-4-2): 1-Van der Sar (g); 21-Rafael, 5-Ferdinand, 15-Vidic, 3-Evra; 25-Valencia, 16-Carrick, 11-Giggs, 17-Nani; 10-Rooney, 14-Chicharito
Pelatih: Sir Alex Ferguson

Chelsea (4-3-3): 1-Cech (g); 17-Bosingwa, 2-Ivanovic, 26-Terry, 3-Cole; 7-Ramires, 5-Essien, 8-Lampard; 39-Anelka, 11-Drogba, 15-Malouda
Pelatih: Carlo Ancelotti

Stadion: Old Trafford, Manchester
Wasit: Olegario Benquerenca (Portugal)

Di atas kertas
Sejak 2005, United tidak terkalahkan di Old Trafford dalam fase knockout Liga ChampionsUnited juga belum pernah kalah home sepanjang musim iniNamun, Chelsea berhasil mencuri dua kemenangan dan sekali seri dalam enam lawatan terakhir ke Old Trafford.

Bursa Asian Handicap
Man United v Chelsea    0 : 1/2

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nugraha Besoes Mengundurkan Diri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler