Manajemen Sebut Hoaks Roti Aoka Mengandung Bahan Pengawet Berbahaya

Sabtu, 20 Juli 2024 – 17:21 WIB
PT Indonesia Bakery Family (IBF) angkat suara mengenai kabar penggunaan bahan kosmetik sebagai pengawet dalam produk rotinya yang diembuskan pihak tak bertanggung jawab. Foto: Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - PT Indonesia Bakery Family (IBF) angkat suara mengenai kabar penggunaan bahan kosmetik sebagai pengawet dalam produk rotinya yang diembuskan pihak tak bertanggung jawab.

Legal Head PT IBF Kemas Ahmad Yani menyebutkan informasi itu sebagai hoaks.

BACA JUGA: Cerita Ismi dan Super Roti, Berawal dari Kepepet hingga ke Paris

Menurut Kemas, Produk Roti Aoka telah dilakukan pengujian oleh Badan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) dan telah mendapatkan izin edar untuk seluruh variannya sebagaimana tercantum dalam kemasan produk Roti Aoka.

“Seluruh produk roti Aoka tidak mengandung sodium dehydroacetate dan masa kedaluwarsa Roti Aoka bukan enam bulan sebagaimana dikutip beberapa media,” jelas Kemas, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/7).

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Rekor Roti Terpanjang di Dunia Dipecahkan di Prancis

Kemas menambahkan,dalam pemberitaan di sejumlah media, Roti Aoka diterpa pemberitaan tidak benar berdasarkan hasil ujil lab PT SGS INDONESIA. Namun dalam surat nomor 001/SGS-LGL/VII/2024 tertanggal 15 Juli 2024 dari PT SGS Indonesia kepada PT IBF, PT SGS INDONESIA memberikan klarifikasi tertulis kepada PT IBF bahwa PT SGS secara tegas membantah dan menyatakan informasi tersebut bukan berasal dari pihak PT SGS indonesia.

Isu tersebut, menurut Kemas, mengakibatkan kegaduhan dan kerugian ekonomis bagi PT IBF dan distributor sebagai mitra kerjanya.

BACA JUGA: Bea Cukai Musnahkan Roti Milk Bun Asal Thailand, Jumlahnya Gak Main-Main

Dia menganggap informasi itu patut diduga berita menyesatkan ini sengaja ditiupkan oleh beberapa pihak karena ada upaya menjatuhkan Roti Aoka dengan cara persaingan yang tidak sehat.

Untuk itu, PT IBF telah melakukan investigasi secara intensif terhadap penyebaran informasi menyesatkan ini yang diduga dilakukan oleh beberapa pihak tertentu.

“PT Indonesia Bakery Family selaku produsen Roti Aoka merupakan produsen makanan yang sangat memperhatikan kualitas bahan baku termasuk aspek kesehatan bagi konsumen. Aoka diproduksi dari bahan berkualitas, diperoses secara higienis dan aman bagi kesehatan,” pungkasnya. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Roti Buaya Tidak Sekadar Simbol Kesetiaan, Oh Ternyata


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
roti aoka   hoaks   BPOM   Bisnis  

Terpopuler