Mandela Keluar RS

Senin, 02 September 2013 – 05:02 WIB

jpnn.com - JOHANNESBURG - Nelson Mandela akhirnya meninggalkan rumah sakit (RS) kemarin (1/9). Keluarga memutuskan untuk melanjutkan perawatan tokoh 95 tahun itu di kediaman mereka. Kendati demikian, kondisi kesehatan ikon anti-apartheid Afrika Selatan (Afsel) tersebut masih tetap sama dengan 8 Juni lalu. Yakni, saat dia masuk rumah sakit.

"Mantan Presiden Nelson Mandela keluar dari rumah sakit di Kota Pretoria pagi ini, 1 September 2013," tulis kantor kepresidenan dalam pernyataan resmi.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Guru Spiritual Cabul

Lebih lanjut, dalam keterangan itu, kantor kepresidenan menyatakan bahwa kondisi penerima Nobel Perdamaian 1993 tersebt masih kritis dan tidak stabil. Tetapi, dia sudah mulai bisa mereaksi obat-obatan yang diberikan.

Kemarin sekitar pukul 09.00 waktu setempat ambulans yang membawa Mandela tiba di kawasan utara Kota Johannesburg. Beberapa mobil polisi tampak mengawal ambulans yang diikuti sejumlah mobil pribadi tersebut. Di kediamannya yang terletak di kota terbesar Afsel itu, figur yang juga dikenal sebagai Madiba tersebut bakal dirawat lanjutan.

BACA JUGA: Jurnalis Senior David Frost Tutup Usia

"Jika ada kondisi medis yang mengharuskan beliau kembali ke rumah sakit, pemerintah akan memfasilitasi dan membawa beliau ke rumah sakit lagi," kata kantor presiden. Presiden Jacob Zuma sudah mengerahkan tim medis gabungan yang berasal dari militer, akademis, dan swasta untuk merawat Mandela. Pada 8 Juni lalu, dia dilarikan ke rumah sakit karena paru-parunya terinfeksi. (AP/AFP/hep/c15/tia)

BACA JUGA: Sweater Zaman Batu Ditemukan dari Lelehan Salju

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mandela Jalani Perawatan di Rumah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler