Manfaat Antioksidan Air dan Inhalasi Hidrogen Bagi Penerima Vaksinasi Covid-19

Selasa, 06 Juli 2021 – 21:57 WIB
Ilustrasi penggunaan air hidrogen. Foto: LiveWell

jpnn.com, JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk merangsang pembentukan antibodi terhadap spesifik Covid-19.

Menurut dr. Bintang Cristo F, tubuh yang fit diperlukan sebelum dan sesudah melakukan vaksinasi.

BACA JUGA: Inhalasi Hidrogen Direkomendasikan Peneliti Bantu Pasien Covid-19 di China

Cara mempersiapkan kondisi tubuh lebih optimal, yaitu dengan konsumsi makanan bergizi, beristirahat, olahraga ringan, dan menjaga kebutuhan cairan tubuh serta menjaga imunitas.

“Antioksidan yang baik juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan dan juga membantu mengatasi keluhan pasca vaksinasi Covid-19," kata dr. Bintang pada webinar Health Talk From Home yang diselenggarakan LiveWell Global, baru-baru ini.

BACA JUGA: Begini Manfaat Kunyit dan Sambiloto untuk Pasien COVID-19

Gejala yang dialami penerima vaksin biasanya bersifat minor dan ringan, seperti pusing, mual, nyeri otot, nyeri di tempat bekas suntikan vaksin, kelelahan, demam, merasa lapar, dan mengantuk.

Dokter Spesialis Bedah Saraf dan Kepala Instalasi Gawat Darurat, serta Tenaga Medis Covid-19 RS PGI Cikini, Jakarta Pusat itu  menyatakan, antioksidan selain dari sumber buah dan sayur juga bisa didapat dari air dan inhalasi hidrogen.

BACA JUGA: Indonesia Incar Pemanfaatan Hidrogen Bersumber dari Air

Hidrogen, kata dr. Bintang, molekulnya sangat kecil dan ringan sehingga mudah masuk ke dalam tubuh dan segera didistribusi melalui seluruh pembuluh darah hingga ke bagian tubuh.

"Apabila ada keluhan-keluhan karena inflamasi maka akan cepat diredakan dan diatasi, begitu juga apabila banyak radikal bebas akan cepat dinetralkan dan dibuang dari dalam tubuh," tukasnya.

Leonardo Wiesan selaku pendiri LiveWell Global mengatakan permintaan akan kebutuhan manfaat air dan inhalasi hidrogen cukup tinggi selama pandemi.

“Masyarakat saat ini sudah mengenal manfaat air dan inhalasi hidrogen, apalagi sudah terdapat berbagai jurnal kesehatan," kata Leo.

Penggunaan air hidrogen ini sudah banyak digunakan di negara maju, seperti Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan.

"Di Indonesia kini sudah ada cara praktis mendapatkan manfaat air dan inhalasi hidrogen dengan Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler yang menggunakan teknologi Proton Exchange Membrane (PEM) dan mampu menghasilkan molekul hidrogen hingga 1500 part per billion," tuturnya. (jlo/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler