Manfaat Jus Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Senin, 05 Oktober 2015 – 11:30 WIB
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Selama ini lidah buaya (aloe vera) telah banyak dikenal sebagai tanaman yang bisa memberikan manfaat untuk kecantikan, misalnya sebagai bahan perawatan rambut maupun kulit. Tanaman hijau ini juga sering digunakan untuk mengobati luka dan infeksi kulit. Namun lidah buaya juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan.

Lidah buaya bisa digunakan secara eksternal ataupun dengan cara dikonsumsi, misalnya dengan cara dijus. Jus lidah buaya dipercaya bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.Berikut ini beberapa manfaat jus lidah buaya.

BACA JUGA: Wouw...Ini Tips Meisya Siregar agar Tetap Hot di Ranjang

1. Mendehidrasi kulit

“Aloe Vera mengandung kaktus (mengandung 99 persen air), membuat kulit terhidrasi dan meningkatkan elastisitas. Aloe Vera juga meningkatkan tingkat oksigen dalam tubuh yang memperkuat jaringan kulit dan membuat kulit sehat,” kata ahli gizi Dr. Revathi, seperti dilansir laman India Times, Minggu (4/10).

BACA JUGA: Sumber Protein bagi Vegetarian

2. Membangun kembali sel-sel yang rusak

Aloe Vera mengandung efek pendinginan alami yang meregenerasi sel-sel baru dan membantu dalam membangun kembali sel-sel yang rusak.

BACA JUGA: Ingin memiliki kulit indah? Lakukan saja ini

3. Mengurangi peradangan

Aloe Vera mengandung steroid tumbuhan alami yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh secara alami.

4. Membersihkan kulit kepala yang mati

Enzim proteolitik yang ditemukan di Aloe Vera membantu untuk membasmi sel-sel mati pada kulit kepala. Keratolic memecah sebum dan sel-sel kulit kepala mati. Sifat alkalizing menyeimbangkan tingkat PH kulit kepala.

5. Membuat kulit cerah

Aloe Vera mengandung sejumlah besar anti-oksidan seperti cerotonin beta, vitamin-c dan vitamin-e yang membuat kulit cerah.

6. Kaya asam salicyclic

Asam salicyclic di Aloe Vera mengekang peradangan dengan menghambat produksi prostaglandin hormon. Salicyclic, seperti aspirin juga mengurangi peradangan dengan menghancurkan bakteri yang menyebabkan peradangan.

7. Menyembuhkan flu

Aloe Vera mengandung vitamin-c yang membantu menyingkirkan bronkitis, demam dan flu.

8. Memperlambat penuaan

Aloe Vera memiliki anti-oksidan yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas mempromosikan proses penuaan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mitos Keliru Tentang Penyakit Jantung yang Perlu Anda Ketahui


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler