Mantan Staf Dokter Terawan Deklarasikan PDSI, Tandingan IDI?

Rabu, 27 April 2022 – 17:08 WIB
Mantan staf khusus dokter Terawan Agus, Brigjen TNI (purn) Jajang Edy Priyanto mendeklarasikan PDSI. Ilustrasi Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) mendeklarasikan diri sebagai organisasi kedokteran di tanah air selain Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Organisasi tersebut sudah mengantongi SK Kemenkumham dengan nomor AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Jenderal Andika, Dokter Terawan dan Sanksi Pemberhentian Tetap IDI

Mantan staf khusus Terawan Agus Putranto kala menjabat menteri kesehatan, Brigjen TNI (Purn) Jajang Edi Priyanto didaulat sebagai Ketua PDSI perdana.

"Izinkan kami dengan kerendahan hati untuk mendeklarasikan berdirinya Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia sesuai dengan SK Kemenkumham," ujar Jajang saat menyampaikan deklarasi PDSI, Rabu (27/4).

BACA JUGA: Jenderal Andika Bertemu Pengurus IDI, Bahas Nasib Dokter Terawan

Jajang menyampaikan PDSI berdiri demi memenuhi hak WNI dalam berserikat dan berkumpul. Toh, katanya, Pasal 28 UUD 1945 menjamin hak tersebut.

PDSI memiliki visi sebagai lembaga pelopor reformasi kedokteran yang menjunjung tinggi kesejawatan dan berwawasan demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

BACA JUGA: Senyum Tenang

Organisasi tersebut juga memiliki tiga misi yang di antaranya mengayomi dokter dengan bersinergi bersama rakyat dan pemerintah.

Selanjutnya, PDSI memiliki misi meningkatkan taraf kesehatan rakyat Indonesia dan kesejahteraan anggota. 

Terakhir, organisasi itu bermisi mendorong inovasi anak bangsa di bidang kesehatan berwawasan Indonesia untuk dunia.

"PDSI berdiri atas cita-cita luhur para pendahulu di bidang ilmu kedokteran dengan mengutamakan nilai-nilai kebangsaan, kekeluargaan, sopan-santun, dan senantiasa mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran," ungkap Jajang. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Taktik Filibuster


Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler