Mantap! Kemendagri Raih Peringkat Pertama Kinerja Anggaran Terbaik 3 Kali Berturut-turut

Rabu, 17 Mei 2023 – 13:23 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan piagam penghargaan peringkat pertama Berkinerja Anggaran Terbaik untuk kategori pagu sedang kepada Kemendagri yang diterima Sekjen Suhajar Diantoro mewakili Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Rabu (17/5). Foto: Dokumentasi Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendapatkan penghargaan peringkat pertama Berkinerja Anggaran Terbaik 2022 untuk kategori pagu sedang.

Penghargaan tersebut merupakan kali ketiga diraih Kemendagri setelah pada 2020 dan 2021.

BACA JUGA: Kemendagri Dorong Pemda Genjot Realisasi Belanja APBD 2023

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro mewakili Mendagri Muhammad Tito Karnavian menerima secara langsung piagam penghargaan yang diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Penghargaan diberikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Anggaran 2023 yang digelar secara hybrid dari Ballroom Dhanapala, Kompleks Kementerian Keuangan, Rabu (17/5).

BACA JUGA: Kunjungi Kampus UGM, Ditjen Dukcapil Kemendagri Layani Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Adapun kementeria atau lembaga yang memperoleh penghargaan dalam acara tersebut.

Untuk kategori pagu besar, lima besar terbaik dianugerahkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kemenkumham, Polri, Kejaksaan, dan Mahkamah Agung.

Kemudian untuk pagu sedang, yaitu Kemendagri, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Sedangkan untuk kategori pagu kecil, yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Sekretariat Kabinet, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Kemenpan-RB.

Menkeu Sri Mulyani dalam arahannya mengingatkan APBN harus bisa menjadi solusi kemakmuran rakyat dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Saat ini, perekonomian Indonesia yang meningkat patut disyukuri di tengah situasi dunia yang semakin tidak mudah.

Pemerintah terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen.

Menkeu Sri Mulyani menyampaikan meski kinerja anggaran kementerian atau lembaga telah baik, tetapi kualitas belanja yang dilakukan masih perlu diakselerasi sehingga memberikan manfaat yang lebih besar.

Dampak tersebut khususnya kepada kehidupan masyarakat sehari-hari serta perekonomian Indonesia yang semakin maju dan kuat.

“Fokus kita pada dampak dan impact-nya,” kata Menkeu Sri Mulyani.

Sebagai informasi, Rakornas tersebut mengusung tema 'Belanja Berkualitas untuk Transformasi Ekonomi Indonesia'.

Tema ini, kata Sri Mulyani, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam menciptakan lapangan pekerjaan, menurunkan stunting dan kemiskinan ekstrem, menjaga ketahanan pangan, mengendalikan inflasi, serta mendorong investasi.  (mrk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler