Mantap! Rupiah Hari Ini Tetap Berjaya hingga Penutupan Pasar

Senin, 30 Agustus 2021 – 19:45 WIB
Rupiah sepanjang hari berjaya melawan USD dan ditutup menguat 48 poin dampak dari keputusan The Fed yang cenderung dovish. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai penguatan nilai tukar (kurs) rupiah hari ini dipicu pidato Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat The Federal Reserve Jerome Powell.

Pasalnya, Powell memaparkan keputusan yang cenderung dovish alias moneter longgar.

BACA JUGA: Ada Kabar Baik dari Rupiah Hari Ini, Alhamdulillah

Rupiah ditutup menguat 48 poin atau 0,33 persen ke posisi Rp 14.370 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.418 per USD.

"USD kembali melemah terhadap mata uang lainnya setelah pasar menganggap pidato Gubernur The Fed Jerome Powell menjadi dovish," kata Ibrahim di Jakarta, Senin (30/8).

BACA JUGA: Lagi-Lagi Rupiah Hari Ini Digoyang Isu Tapering, Anjlok

Kendati demikian, Powell mengindikasikan tapering atau pengurangan dukungan ekonomi besar-besaran bank sentral AS harus dimulai pada akhir tahun.

Pada simposium di Jackson Hole, Wyoming, pada akhir pekan lalu, Powell tidak mengatakan kapan bank sentral akan mulai mengurangi dukungannya untuk ekonomi dan mengulangi sikap bahwa lonjakan inflasi saat ini bersifat sementara.

BACA JUGA: Harap-harap Cemas Pelaku Pasar, Bikin Rupiah Tak Kuasa Menahan USD

Powell memang menyarankan bahwa bank sentral dapat mulai mengurangi tingkat dukungan besar-besaran untuk ekonomi pada akhir tahun, tetapi tidak menyarankan terburu-buru untuk menaikkan suku bunga.

Powell juga mengatakan bahwa pasar tenaga kerja telah membaik dan jika ekonomi AS terus pulih, mungkin menjadi waktu yang tepat untuk mulai mengurangi laju pembelian aset tahun ini.

Sementara itu, kata Ibrahim rupiah hari ini juga dipengaruhi oleh faktor dari dalam negeri.

Jumlah kasus harian COVID-19 pada Minggu (29/8) bertambah 7.427 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 4,07 juta kasus.

Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar COVID-19 mencapai 551 kasus sehingga totalnya mencapai 131.923 kasus.

Sementara itu, jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 16.468 kasus sehingga total pasien sembuh mencapai 3,72 juta kasus.

Adapun total kasus aktif COVID-19 mencapai 217.590 kasus.

Terkait vaksinasi, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 61,65 juta orang dan vaksin dosis kedua 34,86 juta orang dari target 208 juta orang.

Rupiah pada pagi hari dibuka dengan posisi Rp 14.408 per USD. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp 14.369 per USDhingga Rp 14.408 per USD. (mcr10/antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler