Mantap! Uhamka Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Selasa, 28 Juni 2022 – 21:57 WIB
Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) meraih akreditasi unggul dari BAN-PT. Foto: Dokumentasi Uhamka

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) kembali membuktikan kualitasnya.

Perguruan tinggi swasta (PTS) ini mendapatkan kado istimewa saat sidang senat Uhamka pada 28 Juni.

BACA JUGA: Uhamka Raih Peringkat Pertama se-Indonesia-Malaysia versi Webometricts

"Alhamdulillah, Uhamka meraih akreditasi unggul. Ini merupakan akreditasi terbaik dari yang lainnya," kata Rekor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro dalam pernyataan resminya, Selasa (28/6).

Pencapaian ini bertepatan dengan wisuda magister, sarjana dan ahli madya Uhamka 2022 gelombang 2 dengan tema Profethic University untuk Generasi Unggul di Era Digital di Balai Sidang Jakarta Conventional Center (JCC).

BACA JUGA: Rektor Uhamka: Mahasiswa Harus Kompeten Sesuai Kebutuhan Zaman

Raihan akreditasi unggul, lanjut Prof Gunawan, merupakan bukti dari berbagai prestasi yang diraihnya.

Mulai dari predikat Perguruan Tinggi Islam terbaik di DKI Jakarta, rangking peringkat ke-1 versi impact Webomatrics dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se Indonesia-Malaysia.

BACA JUGA: Di Depan Mahasiswa Uhamka, Menpora Amali Pamer Suksesnya MotoGP Mandalika

Kemudian, Uhamka juga menjadi Top 5 dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Uhamka membuktikan komitmennya dalam meningkatkan kurikulum, sarana prasarana dan teknologi serta yang terpenting dalam bidang pendidikan," kata Prof Gunawan.

Sebelumnya, Uhamka telah meraih akreditasi unggul untuk Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Kini Uhamka berhasil meraih Sertifikasi Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.

Prof Gunawan menyampaikan, prestasi ini merupakan hasil kolaborasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan stakeholder Uhamka.

“Alhamdulillah. Hari ini saat melepas Hamka muda melanjutkan cita-citanya, kami mendapat kado istimewa bahwa Uhamka dinyatakan terakreditasi unggul," ujarnya.

Gunawan menambahkan, dari 2.887 universitas yang ada di Indonesia dan terdaftar di BAN-PT, hanya 31 yang terakreditasi unggul, salah satunya Uhamka.

Untuk diketahui akreditasi unggul adalah capaian tertinggi bagi universitas di Indonesia yang memiliki mutu dan dilakukan penilaian oleh BAN-PT dengan memperhatikan sembilan kriteria.

Mulai dari visi, misi, tujuan dan sasaran; tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian tridharma. (esy/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler