Marinir AS Diajari Santap Ular

Jumat, 23 Oktober 2009 – 11:00 WIB
BANYUWANGI-Latihan gabungan Marinir Amerika dan Indonesia memasuki tahapan cukup beratMereka harus menjalani latihan bertahan hidup (survival) di hutan Selogiri, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.Latihan survival ini diikuti 362 Marinir Amerika (United States Marine Corps/USMC)

BACA JUGA: Dede Jusuf akan Perbaiki Pura Gunung Salak

Selama menjalani survival, mereka dipandu 16 pelatih, 3 interpreter, 4 personel komunikasi, 5 prajurit regu pandu tempur (Rupanpur) Korps Marinir TNI AL.

Mengapa dipilih hutan Selogiri? Dalam siaran persnya, bagian Dispen Korps Marinir Lettu Marinir Mardiono mengatakan, hutan Selogiri merupakan hutan tropis
Kondisi seperti ini sangat mendukung untuk latihan perang

BACA JUGA: Kawasan Danau Tahai Terancam Dieksekusi

Selain itu, Selogiri memiliki karakteristik daerah yang memungkinkan pasukan untuk membuat manuver-manuver saat berperang di dalam hutan.

Selama survival, mereka diajari cara makan tumbuh-tumbuhan di hutan, menghadapi hewan buas, seperti ular dan beberapa jenis binatang buas lain
''Survival ini merupakan bagian dari rangkaian latihan bersama Marinir Amerika dan Indonesia dangan nama latihan bersama (latma) Interoperability Field Training Exercise (IIP-FTX) 2009 yang digelar 17-24 Oktober 2009,'' jelas Mardiono.

Selain latihan taktik di lapangan, kegiatan yang dikomandani Kolonel Marinir Nur Alamsyah itu juga menggelar kegiatan Engineer Civic Action Project (Encap)

BACA JUGA: Dilatih Hadapi Keterlambatan Konsumsi

Encap merupakan proyek kegiatan bantuan di bidang konstruksi yang diwujudkan dalam bentuk pembangunan gedung ruang kelas SD 05 Banyuputih, Situbondo''Selain itu, kegiatan Medical Civic Action Project (Medcap) di Puskesmas BanyuputihSeluruh kegiatan itu dilaksanakan bersama Marinir Amerika dan Indonesia,'' papar Mardiono.

Seperti pernah diberitakan, USMC dan Marinir Indonesia menggelar Latma IIP-FPTX 2009Pembukaan latihan dipusatkan di Puslatpur, KarangtekokKegiatan ini melibatkan 1.300 personel dari kedua negaraIni merupakan latihan bersama dengan skala terbesar yang pernah diadakan Marinir Indonesia dan Amerika(gal/aif/aj)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Samarinda Pastikan akan Naikkan UMK


Redaktur : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler