Marquez-Dovi Mendominasi, eh Malah Cal Crutchlow Tercepat

Sabtu, 17 Februari 2018 – 09:29 WIB
Cal Crutchlow melahap lintasan. Foto: crash

jpnn.com, BURIRAM - Para rider MotoGP tidak butuh waktu lama menyesuaikan diri dengan lintasan di Sirkuit Buriram, Thailand, yang baru pertama kali dijajal rombongan sirkus MotoGP. Pada hari pertama uji coba pramusim di sana, Jumat (16/2) kemarin, rider LCR-Honda Cal Crutchlow menjadi yang tercepat.

Pembalap Inggris tersebut mencatat waktu terbaik 1 menit 30,797 detik saat sesi menyisakan 40 menit. Pada sesi pagi Crutchlow, sempat mengalami kecelakaan, meski tidak terlalu parah. Catatan wakunya tersebut lebih cepat 0,012 detik di depan rider Suzuki Ecstar Alex Rins.

BACA JUGA: Selamat Ulang Tahun, Valentino Rossi

Rider utama Honda Marc Marquez yang sebenarnya mendominasi uji coba hari pertama. Bersama rivalnya musim lalu, Andrea Dovizioso (Ducati) keduanya saling bertukar posisi sebagai pembalap tercepat. Memang Sirkuit Buriram lebih pas dengan kedua motor tersebut lantaran layout-nya yang berkarakter cepat dan didominasi oleh trek lurus panjang.

Pada akhir sesi, Marquez finis pada posisi ketiga dengan waktu lap tercepat 1 menit 30,912 detik atau berselisih 0,115 detik dari Cructclow. Sementara Dovi finis tepat di belakangnya dengan jarak 0,148 detik. Jika melihat hasil uji coba hari pertama, seri Thailand Oktober nanti kemungkinan besar akan menjadi medan pertempuran kedua pembalap ini.

BACA JUGA: HUT ke-39 Valentino Rossi, Marquez: Saya Harap Dia Menurun

Pada hari pertama kemarin, Dovi dan rekan satu timnya Jorge Lorenzo menjajal fairing tarbaru untuk motor Desmosedici GP18. Ducati menjadi tim terakhir yang mengeluarkan hasil rancangannya. Di uji coba Sepang, Honda, Yamaha, KTM, dan Aprilia sudah lebih dulu menguji paket aerodinamika mereka. Bukan cuma satu jenis fairing saja yang dicoba, tapi dua.

Bentuk fairing depan Ducati ini sangat ekstrem. Yang pertama, berupa sayap panjang di kiri-kanan batik kepala depan dengan ujung menekuk ke bawah. Fairing ini yang dijajal Dovi. Dari bentuknya, fairing pertama ini perbedaannya tidak terlalu mencolok dengan inovasi tim-tim lain.

BACA JUGA: Uji Coba MotoGP di Buriram yang Penuh Misteri

Tapi yang kedua terlihat sangat aneh. Atau setidaknya tidak umum. Sayap tambahan yang keluar dari bagian batok kepala memanjang dengan lelukan aero ke bawah hingga ke fairing bagian tengah. Fairing kedua ini dijajal oleh Lorenzo.

Hingga satu setengah jam menjajal keduanya, Dovi mengaku masih kesulitan menentukan fairing mana yang terbaik. ''Sulit sekali mengambil keputusan mengenai fairing. Di satu trek bisa jadi lebih baik, tapi di trek lainnya, justru fairing satunya bisa lebih baik,'' ucapnya dilancir Motosport.

Butuh waktu dan beberapa puluh lap lagi untuk menentukan mana yang akan dipakai. Sementara Lorenzo sendiri tidak ingin banyak berkomentar mengenai fairing yang dijajalnya. Hanya komentar pendek saja keluar dari mulutnya saat ditanya soal peranti aerodinamika tersebut. ''Rasanya sama saja dengan tahun lalu. Terlalu dini untuk menyimpulkan,'' ucap rider Spanyol yang kemarin finis di posisi 10.

Jika Honda dan Ducati menikmati hari pertama uji coba di Buriram, tidak demikian dengan Yamaha. Valentino Rossi menyebut dua tim rival seperti sudah memahami sesuatu yang belum dipecahkan oleh Yamaha. Setelah puas dengan kemajuan pesat di sisi cornering, setelah mengganti chassis dengan yang baru, Rossi mengungkap bahwa kini Yamaha M1 kehilangan sedikit keuntungan di akselerasi.

''Bagi saya untuk saat ini seluruh Ducati memiliki akselerasi lebih baik. Karena mereka jauh lebih maju dalam urusan elektronik. Ketika (ECU) berganti ke Magneti-Marelli kami memiliki masalah. Bagi kami, sulit dipahami. Tapi Honda dan Ducati mengerti sesuatu yang tidak kami pahami itu,'' ulasnya.

Kemarin, adalah hari ulang tahun The Doctor-julukan Rossi- yang ke-39. Di tengah uji coba merebak isu bahwa pembalap Italia tersebut sudah menandatangani perpanjangan kontrak dengan Yamaha. Kabar tersebut datang langsung dari Bos Movistar Yamaha Lin Jarvis.

''Valentino menjelaskan di tengah jumpa pers di Filipina (sebelum terbang ke Buriram) bahwa saat ini dia memiliki ambisi untuk melanjutkan balapan. Yang perlu dipastikan sekarang adalah perpanjangan itu untuk satu atau dua tahun,'' ucapnya. (cak)

10 Besar Pembalap Tercepat Uji Coba Pra Musim Hari Pertama di Sirkuit Buriram, Thailand: 

Pos Pembalap Tim Waktu/Selisih

1 Cal Crutchlow LCR Honda 1 menit 30,797 detik

2 Alex Rins Suzuki Ecstar 0,012 detik

3 Marc Marquez Honda 0,115 detik

4 Andrea Dovizioso Ducati 0,148 detik

5 Dani Pedrosa Honda 0,163 detik

6 Danilo Petrucci Pramac Ducati 0,206 detik

7 Jack Miller Pramac Ducati 0,247 detik

8 Valentino Rossi Movistar Yamaha 0,392 detik

9 Andrea Iannone Suzuki Ecstar 0,438 detik

10 Jorge Lorenzo Ducati 0,449 detik

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yamaha Indonesia juga Setuju Rider Malaysia ke MotoGP


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler