Marsudi Wahyu Kisworo Dianggap Tidak Bisa Menjawab Keluhan soal Situng

Kamis, 20 Juni 2019 – 21:58 WIB
Marsudi Wahyu Kisworo saat memberikan keterangan dalam sidang sengketa Pilpres 2019. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim kuasa hukum pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Iwan Satriawan menyebut ahli yang dihadirkan tim kuasa hukum KPU Marsudi Wahyu Kisworo tidak memberikan keterangan yang krusial.

Menurut Iwan, Marsudi yang merupakan pakar IT tersebut tidak bisa menjelaskan siapa yang bertanggung jawab atas lemahnya sistem keamanan di situs Situng saat ini. Padahal, ahli yang dihadirkan itu merupakan sosok yang merancang sistem keamanan situs Situng.

BACA JUGA: Ini 2 Ahli yang Akan Dihadirkan Kubu Jokowi di Sidang Sengketa Pilpres 2019 Besok

"Ahli ini hanya bisa menyampaikan yang terkait dengan bahwa beliau yang membuat desain sistem informasinya KPU, tetapi setelah itu, kelanjutannya bagaimana, sistem informasinya bagaimana, beliau tidak tanggung jawab," ucap dia di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (20/6).

Menurut Iwan, pihaknya mempertanyakan alasan sistem keamanan di situs Situng mudah disusupi peretas. Namun, ahli tidak menjelaskan satu pun keluhan dari tim kuasa hukum paslon 02.

BACA JUGA: Kuasa Hukum Jokowi – Ma’ruf Curiga Bukti yang Dibawa Beti Palsu

"Ahli kami, telah membuktikan bahwa sistem itu tidak aman. Sebab itu bisa diintervensi, dipenetrasi oleh faktor eksternal," ucap dia.

BACA JUGA: 22 Juta Massa Bakal Kumpul di MK Sambut Kemenangan Prabowo – Sandi?

BACA JUGA: Marsudi Wahyu Kisworo: Dibom Peretas Sekalipun, Situs Situng KPU Bakal Memperbaiki Diri

Sebelumnya ahli dari tim kuasa hukum KPU, Marsudi Wahyu Kisworo menerangkan Situng dengan situs Situng merupakan dua hal yang berbeda. Marsudi menegaskan sistem keamanan Situng sulit ditembus oleh peretas yang jahil dari luar.

"Kalau sistemnya sendiri saya kira tidak seperti itu. Sebab, sistem Situng itu tidak bisa diakses sama sekali dari luar," ungkap dia dalam sidang.

Dia menerangkan, untuk meretas Situng harus masuk lebih dahulu ke terminal sistem keamanan. Terminal sistem keamanan tersebut diletakkan di kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

"Kalau sudah masuk terminal di sana, kita baru bisa akses sistem di sana," ucap dia.

Sementara itu, kata dia, untuk situs Situng memang bisa ditembus peretas dari luar. Hanya saja, peretasan itu tidak berarti banyak. Sebab, situs Situng bakal otomatis memperbaiki diri selama 15 menit sejak diretas orang luar.

"Nah kalau sistem di situs ini mau diretas, mau dimasukin, wong, dibom sekali pun juga enggak apa-apa. Sebab, 15 menit kemudian akan direfresh yang baru lagi," ungkap dia. (mg10/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahli IT KPU Jamin Situng Aman dari Serangan Siber


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler