Marwan Minta Pemda Aktif Promosikan Program Transmigrasi

Minggu, 28 Juni 2015 – 19:24 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, mengajak seluruh kepala daerah, terutama yang berada di Pulau Jawa, mempromosikan program transmigrasi. Terutama kepada warga masing-masing yang ingin merubah kehidupan menjadi lebih sejahtera.

Menurut Marwan, promosi dari para kepala daerah sangat diperlukan, karena rogram transmigrasi saat ini menjadi salah satu solusi nyata terhadap masalah kepadatan penduduk, problema pengangguran dan kemiskinan.

BACA JUGA: Kalau Polisi dan Jaksa Mampu, Kenapa Melamar ke KPK

Namun pada kenyataannya, animo masyarakat terhadap program transmigrasi, belum cukup tinggi. Antara lain disebabkan sosialisasi dan promosi yang belum maksimal. Baik secara langsung kepada masyarakat maupun melalui media cetak dan elektronik.

Demikian juga peran serta dari pemerintah daerah di Jawa, juga masih belum optimal. Padahal, peran Pemda sangat penting. Karena jajaran aparatur daerah yang setiap hari berinteraksi dengan warga.

BACA JUGA: Kantor Komnas PA Dilalap Api, Begini Nasib Berkas ANG

“Jajaran aparatur daerah terutama aparatur di tingkat desa tentunya paling mengetahui siapa saja warganya yang potensial menjadi calon transmigran, sehingga layak dimasukkan sebagai sasaran promosi program transmigrasi, dan mengajak mereka untuk ikut mendaftar jadi calon transmigran berbekal keahlian yang akan digunakannya untuk bekerja atau berusaha di tempatnya yang baru nanti,” ujar Marwan, Minggu (28/6).

Karena itu, Marwan berharap Pemda dapat benar-benar berperan nyata menyampaikan informasi tentang transmigrasi secara utuh dan komprehensif kepada masyarakat. Termasuk apa saja fasilitas yang bakal diperoleh, pekerjaan dan penghasilan di tempat yang baru, dan sejumlah fasilitas yang ada lainnya.

BACA JUGA: Dua Menteri Asal PKB Ini Bisa Apa Ya?

“Inilah pokok-pokok pertanyaan tentang transmigrasi yang harus dijawab tuntas, di lokasi transmigrasi nantinya para transmigran akan mendapat berbagai fasilitas dari mulai rumah hingga pekerjaan dari negara. Akan disediakan tanah, rumah untuk tempat tinggal, benih dan alat pertanian kalau dia petani, kalau dia nelayan akan disediakan kapal dan perlengkapan melaut," kata Marwan.

Menteri yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini optimistis, melalui promosi yang tepat ditambah dukungan Pemda, program transmigrasi akan menarik banyak  masyarakat yang ingin merubah nasibnya menjadi lebih baik.

“Daripada jadi TKI di negeri orang dengan menanggung berbagai risiko atau tinggal di tempat kumuh tanpa masa depan yang jelas, ya lebih bermartabat menjadi transmigran yang bisa memberikan kesempatan untuk hidup lebih sejahtera,” ujar Marwan.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Peringatan dan Ancaman Megawati ke Calon Kada dari PDIP


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler