Marzuki: Anggaran Gedung Baru Bisa Turun 20 Persen

Jumat, 13 Mei 2011 – 16:58 WIB
JAKARTA - Ketua DPR RI Marzuki Alie menegaskan, pembangunan gedung baru DPR akan terus disesuaikan, baik konstruksi maupun anggaran yang akan digunakanSaat diwawancarai usai shalat Jumat (13/5), Marzuki mengklaim bahwa sejak dulu pihaknya pun sudah meminta agar anggaran (gedung itu) diturunkan.

"Saya yakin anggarannya masih bisa turun

BACA JUGA: Pembentukan Perangkat Daerah Sarat Kepentingan

Saya ini dari dulu minta anggaran di bawah Rp 1 triliun
Akhirnya saya lempar ke kementerian

BACA JUGA: Sanksi Berat Jaksa Penuntut Baasyir tak Dilaksanakan

Akhirnya kementerian membuat penilaian, dan penilaian itu hanya tentang pemanfaatan ruangan," ujarnya.

Hasil dari penilaian tersebut, lanjut Marzuki, dijelaskan bahwa Gedung Nusantara 1 masih akan digunakan
Sementara yang bekerja di sana ada yang pindah dan juga ada yang tetap tinggal

BACA JUGA: Kamaruddin: Kasus Korupsi Rosa Bernilai Triliunan

"Kalau dulu kan, direncanakan pindah semuaNusantara 1 juga masih akan digunakan sebagai ruang rapat dewanSedangkan untuk anggota, pindah semua," katanya.

Sementara mengenai besarnya ruang anggota dewan, Marzuki membeberkan bahwa juga telah terjadi penurunan"Turun sedikitJadi, satu anggota DPR itu hanya menempati ruangan berukuran 16 meter persegi," ujarnya.

Total luas ruangan (gedung baru), ditambahkan Marzuki, adalah sekitar 100.000 meter persegiNamun dia pun mengungkapkan bahwa pihaknya berharap melalui efisiensi konstruksi, anggaran masih bisa ditekan turun hingga 20 persen dari Rp 770 miliaranMeski menurutnya, jika terjadi perubahan, maka tahapan pembangunan gedung tersebut akan dimulai dari awal lagi.

"Nanti diputuskan di BRTTapi memang aturannya, jika ini diubah, diulang semuaKarena klasifikasinya beda, antara mereka yang mampu membangun gedung 20 lantai dan 36 lantai," ungkapnya.

Hal ini kata Marzuki, terjadi karena sebelumnya klasifikasi kontraktor dibuka bagi mereka yang mampu membangun 30 lantai"Mungkin nanti pesertanya (tender) akan lebih banyakTapi baguslah, jika makin banyak akan lebih kompetitifHarganya pun bisa ditekan lagi," tambahnya(gel/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahfud MD Merasa tak Potongan jadi Presiden


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler