Marzuki Mengaku Tak Tahu Soal Hambalang

Selasa, 22 Oktober 2013 – 10:33 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR, Marzuki Alie memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Marzuki yang mengenakan kemeja putih yang dibalut jas hitam tiba di KPK sekitar pukul 09.50 WIB.

Mantan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat ini menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk Anas Urbaningrum yang ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan penerimaan gratifikasi terkait Hambalang dan sejumlah kasus lainnya.

BACA JUGA: KPK Periksa Nazaruddin Terkait Pencucian Uang PT Garuda

"Saya dipanggil sebagai Ketua DPR. Diminta keterangan selaku Ketua DPR untuk tersangka Anas Urbaningrum selaku anggota DPR atas proyek Hambalang dan lain-lain," kata Marzuki di KPK, Jakarta, Selasa (22/10).

Ia mengaku tidak membawa dokumen apapun berkaitan dengan proyek Hambalang. Pasalnya, Marzuki tidak mengerti sama sekali perihal proyek itu.

BACA JUGA: Polri Tak Perlu Bentuk Densus Antikorupsi

"Saya tidak pernah bersentuhan dengan kasus hambalang, jadi tidak ada satu dokumen pun, karena saya tidak pernah bersentuhan dengan Hambalang. Ngerti saja saya tidak," kata Marzuki.

Pria yang kini menjabat Wakil Ketua Majelis Tinggi PD ini juga tidak mengerti perihal aliran dana ke Kongres Demokrat. "Saya tidak mengerti," kata Marzuki.

BACA JUGA: Sekdes Tak Bisa Diangkat Jadi PNS

Meski begitu, ia pernah mendengar adanya aliran dana ke Kongres Demokrat untuk pemenangan Anas. Meski begitu, Marzuki enggan menelusuri hal itu. "Saya hanya dengar suara-suara saja. Tapi saya tidak pernah mau tahu," kata Marzuki.

Menurutnya, persoalan suap menyuap adalah tanggung jawab masing-masing kepada Tuhan. "Orang yang menyuap dan yang disuap dua-duanya masuk neraka," kata Marzuki.

Meski tidak mengerti perihal Hambalang, Marzuki tetap memenuhi panggilan KPK sebagai bentuk komitmennya terhadap pemberantasan korupsi.

"Jadi saya tidak mengerti tapi saya berpikir positif dalam rangka pemberantasan koprupsi. Sebagai bentuk komitmen saya untuk ikut bersama-sama memberantas korupsi di RI yang kita cintai," ujar Marzuki. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diunggulkan Menangi Konvensi, Ini Reaksi Dahlan Iskan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler