Mas Hasto Puji Semangat PSBI Bantu Pemerintahan Jokowi

Kamis, 12 Desember 2019 – 23:18 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto; Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Harmoni One Hotel, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (12/12). Hasto pun memuji PSBI yang mampu mendukung program milik Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Namun, Hasto menyampaikan pantun sebelum berpidato panjang di hadapan ratusan peserta Rakernas PSBI. Setidaknya dua pantun disampaikan Hasto di dalam pidatonya.

BACA JUGA: PDIP Bukan Partai Elite, Hasto Ajak Sesama Kader Terus Dekati Rakyat

"Datang ke Batam menghadiri Rakernas keluarga Simbolon, hati saya pun rasanya plong. Salam hormat bagi Ketum Doktor Effendi Sakti Simbolon, kepemimpinanmu bikin terbengong-bengong," kata Hasto di Batam, Kamis (12/12).

Setelah itu, Hasto pun menyampaikan pantun keduanya. Kali ini, pantun kedua berisikan pujian kepada Rakernas PSBI yang dianggap visioner dan membumi.

BACA JUGA: PDIP Tutup Pintu Buat Mantan Koruptor yang Pengin Maju Pilkada

"Rakernas PSBI visioner dan membumi. Bangun persatu paduan keluarga Simbolon penuh kompetensi diri. PSBI patriot sejati, dari Samosir menyebar ke seluruh negeri," ucap Hasto berpantun.

Setelah berpantun, Hasto menyebut PSBI sudah banyak mendukung kebijakan Jokowi. Contohnya, PSBI bisa membentuk manusia handal dengan mempertahankan kebudayaan lokal.

BACA JUGA: IGI Dukung Jokowi Kembalikan Kewenangan Pengelolaan Guru ke Pusat

"Kalau saya lihat, boleh jadi orang Batak pendidikannya S3, profesor, dari luar negeri, tapi selalu memiliki akar kebudayaan yang kuat. Tidak pernah melupakan kebudayaannya. Hubungan kerabatannya sungguh luar biasa," ungkap Hasto.

"Ini bisa menjadi inspirasi. Karena ketika kita mengorganisir diri dengan visi yang jelas, yang tadi disampaikan kaitannya untuk mendukung kebijakan Pak Jokowi, agar manusia-manusia yang handal tercipta melalui PSBI," lanjut dia.

Sementara itu, Ketua Umum PSBI Effendi Simbolon menyebut organisasinya memang fokus meningkatkan sumber daya manusia sejak 15 tahun lalu. Contohnya, PSBI memberikan pelatihan kerja bagi para anggota.

"Dengan kami memberikan pelatihan-pelatihan. Menyalurkan untuk ikut training di corporate, kerja sama dengan pemerintah," jelas Effendi.

Pria yang merupakan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP ini menegaskan, paguyuban yang jumlahnya hampir 200 jiwa yang tercatat, juga sudah memikirkan bagaimana menghadapi tantangan ke depan.

"Jadi kami sekarang lebih fokus ke kaum milenial, kaum muda. Baik dalam pendidikan, lebih virtual, aplikasi dengan kita tetap tidak mengesampingkan masalah kekerabatan dengan seni dan budaya. Karena itu menjadi togak dari paguyuban ini," tutur dia.(mg10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler