Masalah Listrik Kacaukan Latihan Aragon

Sabtu, 17 September 2011 – 09:10 WIB
Dani Pedrosa. Foto: Reuters/Giampiero

ARAGON - Sesi latihan ketiga yang berlangsung hari ini, berarti amat penting bagi para pembalap sebelum berlangsungnya balapan MotoGP AragonPara pembalap dipastikan baru menjalani satu sesi latihan di hari pertama kemarin (16/9) WIB

BACA JUGA: Kawal Penunjukkan Langsung, Bentuk tim Asistensi

Sesi latihan kedua yang seharusnya dilakukan siang hari dibatalkan penyelenggara.

Pembatalan sesi latihan siang hari bukan disebabkan kondisi latihan yang buruk
Penyebab pembatalan kemarin adalah pembangkit tenaga listrik tak berfungsi di sirkuit

BACA JUGA: Format Kompetisi Musim Depan, Kembali Satu Wilayah

Sehingga, paddock seluruh tim tak dialiri listrik di siang hari.

Masalah listrik tersebut muncul usai istirahat makan siang di sirkuit Aragon Motorland
Sesi latihan kedua kelas 125 cc ditunda hingga 20 menit

BACA JUGA: Downhill, Bablas Masuk Jurang

Di akhir sesi tersebut, listrik kembali padamMasalah lanjutan tersebut membuat penyelenggara mengumumkan sesi latihan MotoGP harus ditunda.

Setelah menunggu sampai dua jam, listrik kembali menyalaPanitia pun mengumumkan sesi latihan MotoGP bisa dilangsungkan pada pukul 16.20 waktu setempat, yang berarti terlambat hingga 2 jam 10 menitNamun, begitu semua pembalap bersiap masuk lintasan, listrik kembali padam.

Tanpa buang waktu, dengan hari yang beranjak gelap, panitia memutuskan pembatalan sesi latihan kedua untuk MotoGP sekaligus Moto2Sehingga, para pembalap hanya menyisakan satu sesi latihan lagi sebelum kualifikasi hari iniUntuk itu, sesi latihan hari ini diperkirakan bakal mendapatkan penambahan durasi waktu latihan.

Pembatalan satu sesi latihan tersebut merupakan kali kedua yang terjadi di MotoGP 2011Sebelumnya juga terjadi di sesi latihan kedua MotoGP BelandaSaat itu, pembatalan terpaksa dilakukan akibat tumpahan oli dari salah satu motor yang sulit dibersihkan ditambah hujan deras yang mengguyur sirkuit Assen, Juni lalu.

Pembatalan latihan akibat masalah listrik tersebut membuat Aragon kehilangan kesempatan mempertahankan gelar "Best Grand Prix" yang diberikan IRTA (International Road Racing Association) tahun laluPihak penyelenggara masih berusaha memastikan masalah yang sama tak akan terjadi lagi akhir pekan ini hingga seluruh balapan terselenggara.

Dari sesi latiah pagi hari, pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa langsung mendapatkan waktu yang kompetitifPembalap Spanyol itu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 50,281 detik yanh diukirnya saat latihan masih menyisakan 46 detikDia memecundangi Jorge Lorenzo (Yamaha Factory) yang beberapa menit sebelumnya nyaman di posisi teratas

Jelang tiga menit terakhir, Lorenzo melejit ke depan dengan waktu 1 menit 50,730 detikDia mengalahkan catatan terbaik tiga pembalap Honda Casey Stoner, Pedrosa dan Andrea Dovizioso yang terus mendominasi posisi tiga besar teratas.

Formasi berurutan pembalap Repsol Honda itu di akhir sesi dirusak oleh Marco SimoncelliPembalap tim satelit Honda Gresini ini mampu menggeser Andrea Dovizioso, menjauh dari rekan setimnya hingga berada di urutan keempat(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ferry Rotinsulu Belum Teken Kontrak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler