Masjid Indonesia Pertama di Yokohama Jepang Siap Dibangun, Selebritas Ini Terlibat

Selasa, 16 Juli 2024 – 12:53 WIB
Jumpa pers tentang program update Syiar Dakwah Negeri Sakura di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan. Foto: Romaida/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Cinta Quran Foundation memberikan kabar terbaru tentang pembangunan masjid Indonesia pertama di Yokohama, Jepang.

Founder sekaligus CEO Cinta Quran Fatih Karim menyatakan pembangunan masjid tersebut tidak lepas dari kontribusi masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Kemlu Sayangkan Cara Palestina Menggalang Dukungan Masjid Indonesia

Dia menjelaskan desain bangunan masjid, standar keamanan dan keselamatan, serta pemilihan material telah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Jepang.

Pembangunan masjid tersebut rencananya mulai dilakukan pada akhir November 2024 dan rampung pada 2025.

BACA JUGA: Dewan Masjid Indonesia Segera Rapat Membahas Rencana Muktamar

"Kami sangat bersyukur dapat mengumumkan bahwa pembayaran atas tanah untuk pembangunan masjid telah lunas per Desember 2023," kata Fatih dalam acara Amazing Muharram bertema The Faith - Believe, Surrender, Unstoppable -, di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Hingga saat ini untuk keperluan pembangunan, biaya pajak, perizinan dan lainnya, saldo yang terkumpul adalah 160 juta yen dari total kebutuhan dana 300 juta yen," tuturnya.

BACA JUGA: Dibangun oleh Ivan Gunawan, Masjid Indonesia di Uganda Akhirnya Diresmikan

Kendati masjid dalam proses perencanaan pembangunan, Arief Junaedi selaku Ketua Komunitas Muslim Jepang Yokohama menyatakan kegiatan ibadah wajib dan kajian konsistenterus berjalan di area sewa dekat lokasi tanah wakaf.

Dia menjelaskan kegiatan kajian tersebut dikelola oleh Pengurus Masjid As-Sholihin Yokohama yang rencananya dibangun.

Pada kesempatan tersebut, Arief menyampaikan mengapresiasi atas donasi dari masyarakat, sehingga masjid di Yokohama bisa segera dibangun.

Dia menegaskan masjid tersebut dibangun murni dari hasil donasi, tanpa campur tangan dari Pemerintah Jepang maupun Indonesia.

"Kami pernah menyurati, tetapi sekarang belum ada respons dari pemerintah (Indonesia). Saat itu tujuan kami menyampaikan itu, untuk minta endorsement, tidak ada surat dari Pemerintah Tokyo. Namun, seluruh organisasi muslim di jepang, semua InsyaAllah sudah menyetujui pembangunan ini," tuturnya.

Dalam proses pengumpulan dana masjid ini, sejumlah selebritas diketahui terlibat dan turut mengawal proses donasi. Salah satunya, Arie Untung.

Arie bersyukur dilibatkan dalam proses pembangunan masjid pertama Indonesia di Yokohama tersebut.

Menurutnya, keterlibatannya ini dapat menjadi ladang pahala besar. Mengingat umat muslim masih menjadi minoritas di Jepang.

Berkaca pada pengalamannya berwisata di Jepang, dia menilai kehadiran masjid ini dapat bermanfaat untuk muslim di Jepang.

"(Dahulu waktu berlibur), secara masjid cuma satu, jarang juga umat muslim di sana, ya semua berbondong-bondong ke sana (Islamic center di Tokyo). Makan halal beli di sana, subhanallah pahalanya besar sekali, pikir saya enak juga punya masjid di sana," ujar Arie Untung. (mcr31/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beli Bekas Gereja, WNI di Inggris Segera Punya Masjid Indonesia


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Romaida Uswatun Hasanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler