Massa HMI Bubar, Kapolsek Ucap Hamdalah

Senin, 09 Mei 2016 – 19:09 WIB
Suasana saat massa HMI berunjuk rasa di depan KPK, Senin (9/5). Foto: M Kusdharmadi/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Aksi massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sempat rusuh, Senin (9/5), akhirnya bubar. Aksi yang berlangsung mulai pukul 10.30 itu berakhir jelang pukul 17.00.

Aksi itu untuk menuntut maaf komisioner KPK, Saut Situmorang yang telah menyebut HMI korup dan curang. Hanya saja, selama demonstrasi berlangsung, Saut tidak menemui massa HMI.

BACA JUGA: Timsus Etihad Airways Pastikan Seluruh Biaya Pengobatan Ditanggung

Hanya Pelaksana Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak yang menemui massa. Yuyuk pun menyampaikan permintaan maaf Saut.

"Yang pertama Pak Saut selaku pribadi tidak bermaksud menyinggung HMI maupun lembaga lain sehingga menimbulkan kesalahpahaman maupun kesalah persepsi. Untuk itu Pak Saut mohon maaf atas pernyataan tersebut," ujar Yuyuk.

BACA JUGA: Berkas Jessica Dikembalikan Lagi ke Polda

Setelah Yuyuk menyampaikan permintaan maaf, massa berangsur-angsung meninggalkan lokasi demo. Keadaan pun berangsur normal.

Sebelumnya demo sempat ricuh.  Bahkan aksi lempar batu ke arah KPK sempat mewarnai demo organisasi mahasiswa berciri hijau hitam itu.

BACA JUGA: Ini Selebaran Provokatif yang Bikin Pak Ustaz Nyaris Diusir Warga

Polisi pun menghalau dengan menembakan gas air mata. Namun, usai keadaan mereda, massa kembali menggelar aksi.

Tuntutan tetap samam Saut harus minta maaf. Kendati demikian, tidak terjadi aksi anarkis lagi setelah itu. Massa bisa dikendalikan.

Ratusan personel yang disiagakan berhasil menjaga keamanan gedung KPK dan kelancaran demo menyampaikan aspirasi itu.

Kepala Polsek Setiabudi AKBP Tri Yulianto di markas KPK, Senin (9/5) sore mengatakan, ada 221 personel gabungan dari polsek, polres, polda yang terlibat pengamanan atas aksi demo HMI di KPK. Bahkan ada juga personel dari korem, reserse, intel, Sabhara dan Brimob.

"Alhamdulillah bisa kami amankan meski tadi ada sedikit masalah dan gesekan, namun sampai detik ini mudah-mudahan tidak berdampak," kata Tri. "Insya Allah, masih relatif kondusif.”

Dia menambahkan, massa mulai membubarkan diri setelah ada permintaan maaf Saut melalui juru bicara KPK. “Alhamdulillah mereka (massa HMI, red) menerima dan membubarkan diri," ujar Tri.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Homestay Pulau Seribu Diserbu Habis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler