Masuk Musim Hujan, Pengguna Mobil Perlu Perhatikan 5 Hal Ini

Senin, 28 September 2020 – 12:50 WIB
Musim hujan (Ilustrasi). Foto Radar Surabaya

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia belakangan ini sedang dilanda hujan deras. Ada baiknya setiap pengguna mobil harus mempersiapkan kendaraannya.

Hal itu dilakukan agar kondisi mobil tetap aman dan prima saat dikendarai oleh penggunanya.

BACA JUGA: Ini 3 Makanan yang Perlu Dicoba Saat Musim Hujan

Auto2000 dalam keterangan tertulisnya memberikan 5 langkah yang harus diperhatikan oleh pengendara mobil sebelum berkendara di musim hujan.

1. Lakukan pengecekan wiper

BACA JUGA: Waduh, 5 Mobil Mewah Ini Diabaikan Begitu Saja di Pinggir Jalan

Saat musin hujan tiba, langkah pertama pengguna harus melakukan pemeriksaan pada karet wiper di bagian depan dan belakang.

Pastikan karet tersebut masih berfungsi dengan baik, karena di saat karet wiper mengalami masalah, maka akan menggangu visibilats pengendara.

BACA JUGA: Benarkah Merokok Bisa Menghilangkan Stres? Temukan Faktanya!

Kemudian periksa juga air pembersih kaca. Usahakan jangan sampai kosong karena akan menyulitkan ketika kaca mobil itu kotor.

2. Lampu berfungsi dengan baik.

Setelah melakukan pengecekan pada wiper, pengguna juga harus memperhatikan seluruh fungsi lampu agar masih berjalan dengan baik. Mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang.

Jika lampu mati atau tidak berfungsi dengan baik, pengguna wajib menggantinya. Hal itu untuk mencegah terjadi kecelakaan saat berkendara di tengah hujan.

3. Cek kondisi ban.

Potensi kecelakaan besar ketika ban mobil tidak dalam kondisi prima. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur mobil.

Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil. Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standarnya.

Selain itu, pengguna juga harus memeriksa sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju dengan baik di genangan air.

4. Cek fungsi rem dan air conditioner (AC)

Jangan lupakan rem mobil. Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil bekerja lebih keras.

Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

Masuk ke dalam mobil, pastikan AC berfungsi baik dan dingin. Embusan AC yang tidak dingin akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu visibilitas.

5. Sedia payung di dalam mobil

Banyak pengguna mobil kerap menurunkan payung dari dalam mobi. Pada musim hujan seperti sekarang ini, pengendara mobil wajib membawa payung.

Sebab, payung dapat berfungsi dengan baik ketika hujan turun.

Siapkan sandal plastik untuk dipakai keluar masuk mobil seperti ketika di pom bensin sehingga tidak perlu pakai sepatu apalagi high heel yang menyulitkan.(ddy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler