Masyarakat Sukabumi Diimbau Mewaspadai Potensi Gempa Susulan

Senin, 01 Januari 2024 – 04:05 WIB
BMKG imbau masyarakat Sukabumi waspadai potensi gempa susulan. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gempa bumi sempat mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, menjelang Tahun Baru 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Sukabumi untuk mewaspadai potensi gempa susulan.

BACA JUGA: Gempa Sumedang, Begini Analisis BMKG

"Rekomendasinya adalah masyarakat diimbau tetap tenang, tetapi, waspada karena gempa susulan masih mungkin akan terjadi," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis, Minggu malam.

Daryono meminta masyarakat mewaspadai gempa susulan yang berpotensi menimbulkan kerusakan pada bangunan dan diimbau untuk tidak menempati bangunan yang secara struktur sudah rusak.

BACA JUGA: 3 Kali Gempa Mengguncang Sumedang, BMKG Minta Warga Tetap Tenang

Warga boleh kembali ke rumah masing-masing asalkan bangunan tersebut masih masih utuh dan tidak mengalami gangguan struktur, tetapi harus tetap waspada.

Masyarakat juga diminta waspada dengan kawasan perbukitan dengan tebing curam, karena gempa susulan signifikan dapat memicu longsoran dan runtuhan batu.

BACA JUGA: Gempa M 5,5 Pangandaran, 2 Bangunan di Tasikmalaya Rusak

"Masyarakat diminta tidak percaya berita bohong atau hoaks mengenai prediksi gempa yang lebih besar, pastikan informasi gempa berasal dari BMKG," ujarnya.

BMKG mencatat sebanyak tiga kali gempa bumi dangkal terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat menjelang Tahun Baru 2024.

Gempa terakhir tercatat pada pukul 20.34 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,8 pada koordinat 6,85 lintang selatan dan 107,94 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2 km timur laut Kabupaten Sumedang pada kedalaman 5 km. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Irjen Karyoto: Firli Bahuri Bisa Dijemput Paksa


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
gempa   BMKG   Sukabumi   Gempa Bumi  

Terpopuler