Mau Buat Karangan Bunga Murah, Tetapi Mewah? Begini Tipnya

Sabtu, 07 September 2024 – 16:42 WIB
Tahukah Anda untuk mendapatkan karangan bunga yang mewah tanpa harus mengeluarkan banyak uang bisa dilakukan sendiri. Foto: Akun @athayacoid di Instagram.

jpnn.com, JAKARTA - Karangan bunga merupakan salah satu barang yang dijadikan hadiah oleh seseorang mulai dari pernikahan hingga perayaan ulang tahun.

Namun, tahukah Anda untuk mendapatkan karangan bunga yang mewah tanpa harus mengeluarkan banyak uang bisa dilakukan sendiri?

BACA JUGA: Ribuan Warga dan Karangan Bunga Iringi Perpisahan Ganjar di Kantor Gubernur

Bahkan, karangan bunga Makassar kini menjadi salah satu tren dengan tampilan elegan dan harga terjangkau.

Lantas bagaimana caranya membuatnya? Berikut ulasannya.

BACA JUGA: KH Marzuki Lengser, Kantor PWNU Jatim Didatangi Karangan Bunga

1. Pilih Bunga Lokal Berkualitas

Tidak perlu menggunakan bunga impor yang harganya selangit untuk menciptakan kesan mewah.

Sebaliknya, bunga lokal yang berkualitas tinggi bisa menjadi pilihan tepat. Misalnya, bunga melati, krisan, dan mawar lokal memiliki keindahan yang tak kalah dengan bunga impor.

BACA JUGA: Polda Sumsel Banjir Karangan Bunga, Dapat Dukungan Berantas Debt Collector

Kunci utamanya adalah memastikan bunga yang Anda pilih segar dan dalam kondisi prima.

Bunga lokal juga memiliki kelebihan lain, yaitu tahan lebih lama karena tidak melalui proses pengiriman yang panjang. Jadi, tidak hanya lebih hemat, tetapi karangan bunga Anda juga bisa bertahan lebih lama di acara Anda.

Cobalah untuk memadukan warna-warna yang serasi dan elegan seperti putih, krem, dan pastel untuk menciptakan nuansa yang lebih mewah.

2. Gunakan Vas atau Wadah yang Elegan

Pemilihan wadah atau vas untuk karangan bunga Anda juga berperan penting dalam menciptakan kesan mewah. Alih-alih menggunakan vas plastik yang biasa, pilihlah vas kaca, keramik, atau logam dengan desain minimalis namun elegan.

Anda bisa menemukan vas semacam ini dengan harga terjangkau di pasar tradisional atau toko perabotan rumah tangga.

Wadah yang cantik akan memberikan nilai tambah pada karangan bunga Anda, meskipun bunga yang digunakan tidak terlalu mahal.

Jika Anda tidak memiliki vas atau wadah yang sesuai, Anda bisa mencoba DIY (Do It Yourself) dengan mendekorasi botol kaca bekas atau kaleng dengan pita satin atau cat semprot warna emas.

Dengan sedikit kreativitas, wadah sederhana bisa berubah menjadi aksesoris mewah yang melengkapi karangan bunga Anda.

3. Pilih Florist Terpercaya yang Menawarkan Harga Terjangkau

Athaya adalah toko bunga/flower shop/florist online yang juga menyediakan hampers/parcel dan hadiah untuk momen spesial Anda.

Kami siap melayani pembuatan dan pengiriman karangan bunga seperti bunga papan, standing flower atau bunga stand dan krans bunga.

Pilihan dari Athaya yang bervariasi dan berkualitas memungkinkan Anda mendapatkan karangan bunga yang terlihat mewah tanpa harus membayar mahal.

Selain itu, dengan layanan pengiriman, Anda tidak perlu repot mengatur logistik dan bisa fokus pada acara Anda.

Athaya juga menawarkan karangan bunga yang dapat disesuaikan dengan anggaran Anda, jadi Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan tanpa mengorbankan estetika.

Dengan memanfaatkan layanan florist terpercaya seperti ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan tampak mahal tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.

4. Bermain dengan Tekstur dan Lapisan

Selain memilih bunga yang tepat, penting juga untuk mempertimbangkan tekstur dan lapisan pada karangan bunga Anda. Cobalah memadukan beberapa jenis bunga dengan dedaunan yang berbeda, seperti daun eukaliptus atau daun pakis.

Tekstur yang berbeda akan memberikan dimensi dan kedalaman pada karangan bunga, membuatnya terlihat lebih mewah dan berkelas.

Anda juga bisa menambahkan elemen dekoratif lain seperti pita satin, kain organza, atau renda untuk melapisi karangan bunga.

Aksen tambahan ini tidak hanya memperindah penampilan, tetapi juga memberikan kesan personal dan unik pada rangkaian bunga yang Anda buat.

5. Pilih Warna yang Netral dan Timeless

Warna memegang peranan penting dalam menciptakan kesan mewah. Alih-alih memilih warna-warna mencolok, cobalah untuk menggunakan palet warna netral dan timeless seperti putih, krem, pastel, atau emas.

Warna-warna ini memberikan nuansa elegan dan mewah tanpa terlihat berlebihan.

Karangan bunga dengan warna netral juga lebih mudah dikombinasikan dengan dekorasi lain, sehingga bisa menjadi pelengkap sempurna untuk acara apa pun.

Selain itu, bunga dengan warna lembut dan klasik ini akan tampak lebih mewah dan terkesan mahal, meskipun Anda menggunakan bunga yang sederhana.

6. Tata dengan Komposisi yang Proporsional

Komposisi dalam karangan bunga sangat penting untuk menciptakan tampilan yang seimbang dan indah.

Jika Anda menggunakan bunga yang lebih murah, pastikan untuk menata bunga-bunga tersebut dengan komposisi yang tepat agar terlihat lebih penuh dan mewah.

Tata bunga dengan berbagai ukuran, mulai dari yang besar hingga kecil, untuk memberikan variasi dan keseimbangan pada rangkaian.

Jangan lupa untuk memperhatikan proporsi antara bunga dan dedaunan. Jangan terlalu banyak menambahkan daun, karena bisa membuat karangan bunga terlihat kurang rapi.

Sebaliknya, gunakan dedaunan sebagai aksen yang mempercantik bunga tanpa menutupi keindahannya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peringati HUT Ke-5 KRPI, Rumah Rieke Dibanjiri Karangan Bunga dari Sejumlah Tokoh


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler