Mau Investasi SBN Syariah SR021? Bibit.id Tawarkan Cashback Hingga Rp 30 Juta

Senin, 26 Agustus 2024 – 08:31 WIB
Head of Marketing Bibit.id, Angie Anandita Tjhatra mengungkapkan alasan masyarakat perlu berinvestasi SR021 di Bibit. Foto: dok Bibit.id

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah secara resmi menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) terbaru sukuk ritel seri SR021 dengan masa penawaran yang berlangsung pada 23 Agustus-18 September 2024.

SR021 diterbitkan dalam dua tipe produk, yaitu SR021-T3 dengan tenor tiga tahun dan imbal hasil tetap (fixed rate) sebesar 6,35% per tahun serta SR021-T5 dengan tenor lima tahun dan imbal hasil tetap sebesar 6,45% per tahun.

BACA JUGA: PTK Tanam 5.500 Bibit Mangrove & Resmikan Rumah Pembibitan di Bali untuk Lindungi Lingkungan Pesisir

Imbal hasil (kupon) SR021 akan dibayarkan setiap bulan sampai jatuh tempo.

Pembagian kupon pertama akan dilakukan pada 10 November 2024.

BACA JUGA: Bibit.id Raih 4 Penghargaan dari Kementerian Keuangan

SR021 juga merupakan jenis Surat Berharga Negara (SBN) yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder (tradeable) sebelum jatuh tempo.

SR021 dapat diperdagangkan mulai 11 November 2024 setelah penerimaan kupon pertama.

BACA JUGA: Bibit.id Turut Sukseskan Acara Indonesia International Book Fair 2021

Di tengah perekonomian dunia yang cukup volatile serta keadaan perekonomian Indonesia yang naik-turun, investasi SR021 merupakan pilihan yang aman dan bijaksana karena imbal hasilnya tetap stabil sampai jatuh tempo.

Head of Marketing Bibit.id, Angie Anandita Tjhatra mengungkapkan alasan masyarakat perlu berinvestasi SR021 di Bibit.

Dia menjelaskan dari segi keamanan serta stabilitas investasi, SR021 merupakan obligasi negara yang diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin dengan undang-undang.

Negara menjamin pokok investasi 100% serta imbal hasil investasi sesuai dengan yang dijanjikan, yakni 6,35% per tahun selama tiga tahun ke depan untuk SR021-T3 dan 6,45% per tahun selama lima tahun ke depan untuk SR021-T5.

Artinya, SR021 bisa menjadi alternatif passive income yang akan memberikan imbal hasil tetap dan stabil setiap bulan, meskipun kondisi ekonomi naik turun.

“Ditambah, SR021 memberikan return yang lebih tinggi dari rata-rata deposito bank BUMN, namun dengan pajak yang lebih rendah. Pajak yang dikenakan pada SR021 hanya 10%, berbeda dengan deposito yang dikenakan pajak 20%,” kata Angie.

Kedua, SR021 merupakan produk investasi Syariah yang diawasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Angie meyakini, tingginya minat masyarakat akan produk investasi Syariah akan berimbas positif dan membuat SR021 laris di pasaran.

“Sebagai referensi, dalam penjualan Sukuk Ritel seri SR020 di tanggal 1-27 Maret 2024 silam, Bibit menjadi Mitra Distribusi Kategori Fintech yang mencatatkan penjualan terbanyak secara nasional. Ini menjadi dasar keyakinan kami bahwa SR021 juga akan sangat diminati masyarakat,” tambahnya.

Ketiga, rentang 23 Agustus-18 September 2024 merupakan momen yang tepat untuk mendapat imbal hasil SBN yang masih tinggi, sebelum nantinya suku bunga Bank Indonesia diprediksi turun.

Hal ini mengingat ekspektasi pasar bahwa bank sentral Amerika (The Fed) akan menurunkan suku bunga pada September 2024.

Keempat, Bibit adalah Mitra Distribusi penjualan SBN yang kredibel dan mendapatkan kepercayaan dari para investor di Indonesia.
Bibit dinobatkan oleh Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi SBSN Ritel Terbaik Tahun 2022 dan 2023, Mitra Distribusi Surat Utang Negara Terbaik Tahun 2022, dan Mitra Distribusi Surat Utang Negara Terbaik Tahun 2023 Kategori Fintech.

Kelima, para investor yang membeli SR021 di Bibit juga berkesempatan untuk mendapatkan cashback, mulai dari Rp 50 ribu, Rp 75 ribu, Rp 100 ribu, Rp 300 ribu, Rp 500 ribu, Rp 2 juta, Rp 4 juta, Rp 6 juta, Rp 8 juta, Rp 15 juta sampai Rp 30 juta.

Terakhir, untuk berinvestasi SR021 di Bibit, caranya sangat mudah.

Investor cukup mengklik icon atau banner “Surat Berharga Negara (SBN)” di homepage aplikasi maupun website Bibit.

Dalam hal ini, Bibit bermitra dengan Stockbit Sekuritas untuk mengelola pencatatan dan penyimpanan Rekening Dana Investor SBN milik investor.

Nantinya, setelah investor melakukan pembayaran untuk transaksi SBN, investor akan menerima bukti transaksi berupa Bukti Penerimaan Negara (BPN).

Di dalam BPN, terdapat Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN) yang diterbitkan langsung oleh negara serta menjadi bukti kepemilikan SBN yang dibeli.

“Di sisi lain, kepemilikan atas semua produk investasi di Bibit tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) atas nama investor sendiri. Dengan begitu, kami memastikan transparansi dan keamanan investasi untuk seluruh investor,” tutup Angie. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bibit.id dan Citi Indonesia Tingkatkan Partisipasi Masyarakat di Pasar Modal


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler