Mau Liburan Akhir Tahun? Ke Bali Saja...

Sabtu, 08 Oktober 2016 – 12:21 WIB
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - DENPASAR – Ada rencana jalan-jalan ke Bali pada akhir tahun 2016 ini?

Ada banyak event menarik yang bisa dinikmati di periode Oktober–Desember 2016 di pulau yang menjadi destinasi wisata nomor wahid di Indonesia, terbaik di Asia dan runner up dunia 2015 versi majalah Travel+Leisure itu.

BACA JUGA: Perahu Terbalik , Tujuh Santri Langitan Hilang

Tidak perlu khawatir. Atraksi selama liburan di Pulau Dewata pasti akan membuat suasana refreshing semakin asyik.

“Bali punya calendar of event yang banyak. Masih banyak acara meriah nan padat yang masih bisa disambangi,” terang Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Gede Yuniartha Putra, Kamis (6/10).

BACA JUGA: Bisa Sadarkan Orang Ini dari Pengaruh Dimas Kanjeng? Ada Hadiahnya Lho

Agung sudah menyiapkan panduannya. Tinggal pilih saja. Ada budaya, sport, kuliner. Mau yang skalanya nasional atau internasional, semua ada.

Bagi komunitas vegetarian, ada Bali Vegan Festival 2016 pada 7-9 Oktober 2016 di Paradiso, Jalan Goutama Selatan, Ubud. Acara itu merupakan pertemuan terbesar komunitas vegetarian di Indonesia.

BACA JUGA: Warga Surabaya, Tunggu yah Wajah Baru KBS

Kemasan acaranya sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Selama tiga hari, acara akan diisi live music, lokakarya yoga, talk show, serta suguhan menu sehat masakan vegetarian dunia.

Bagi yang suka music new wave atau disko asli Jamaika bisa menikmati Grace Jones Live at Potato Head Beach Club Bali. Acaranya digelar Sabtu ini (8/10) di Potato Head Beach Club, Seminyak, Bali.

Rencananya, Grace Jones akan tampil bersama DJ asal London, Inggris, DJ Harvey.

Bagi penyuka seni bisa mampir di Nusa Dua. Ada Nusa Dua Fiesta selama lima hari pada 9-13 Oktober 2016. Lokasinya, Kompleks Bali Tourism Development Corporation (BTDC), kawasan Nusa Dua.

Di Nusa Dua Fiesta bisa menyaksikan pameran bonsai dan mobil antik. Setelah itu, ada suguhan parade semua resor bintang lima di kompleks BTDC Nusa Dua yang bisa dinikmati. Selain itu, ada kompetisi mixology di mana pengunjung bisa mencicipi minuman racikan bartender terbaik di Pulau Bali.

Masih belum puas? Cobalah sambangi An Extraordinary Moonlight Dinner untuk menikmati kuliner lezat di bawah bintang-bintang. Suasananya dijamin bikin kangen karena sajian kulinernya bisa dinikmati di bibir pantai yang tak jauh dari St. Regis Bali Resort dan The Laguna Resort & Spa. Yang ingin ke sini, silahkan datang ke St. Regis Bali Resort, Selatan-Bali, 15 Oktober 2016.

Yang ingin menikmati sajian kultur budaya yang kuat, ada  Tirta Empul Temple Piodalan Anniversary. Acaranya digelar 15 Oktober 2016. Lokasinya, Desa Manukaya, Tampaksiring, Gianyar.

Di situ pengunjung bisa merasakan sensasi membasuh diri dengan pancuran air suci yang lokasinya bersebelahan dengan Istana Tampaksiring,

Setelah itu, ada Festival Pantai Lovina yang bisa dinikmati 25-29 Oktober 2016. Lokasnya, di  kawasan Pantai Kalibukbuk. Festival ini membuat pengunjungnya mengenal lebih jauh sisi Pantai Lovina yang tersohor itu.

Yang ingin liburan sambil belajar nulis dan meningkatkan minat baca ada  Ubud Writers & Readers Festival. Acaranya dipastikan siap menyapa di 26-30 Oktober 2016. Lokasinya di beberapa kawasan Ubud

Sedangkan bagi penyuka sport tourism bisa menjajal Sunset Run di Seminyak. Acaranya bakal digelar 29 Oktober 2016. Peserta Sunset Run akan diajak lari 3 kilometer di sepanjang rute pantai Seminyak yang eksotis.

Hasil dari kegiatan ini, akan disumbangkan ke dua organisasi non-profit di Bali. Yang pertama, The Suryani Institute for Mental Illness yang berdedikasi untuk memperbaiki sistem kesehatan mental di Bali. Satunya lagi untuk Yayasan Senyum Bali yang menyediakan bantuan medis untuk orang-orang cacat kraniofasial.

Sedangkan pada 26 November 2016 ada Tumpek Kandang. Di Bali, Tumpek Kandang adalah hari istimewa yang penuh dengan berkah khusus untuk hewan ternak dan binatang peliharaan.

Berbagai persembahan dibuat untuk dewa Hindu, Rudra untuk keberhasilan pertanian dan kesejahteraan hewan. Tujuannya untuk harmoni lingkungan dan yang berkontribusi terhadap rezeki manusia dan kebahagiaan.

Dan di penghujung tahun ada Natal. Sensasi Natal di Bali punya warna beda. Selama Natal, umat kristiani Bali berkumpul di gereja-gereja unik yang memadukan fitur arsitektur tradisional Bali.

Puncaknya adalah  Festival Malam Tahun Baru. Acaranya digelar mulai 31 Desember 2016 hingga malam pergantian tahun. Akan ada banyak pesta yang bisa dinikmati di seluruh pelosok Bali.

Parade kembang api warna-warni bak opening dan closing ceremony Olimpiade bisa dinikmati di Pulau Dewata ini.  “Jadi evennya masih sangat banyak. Silahkan pilih yang Anda suka. Silahkan berlibur ke Bali. Ada banyak even yang bisa dinikmati hingga akhir tahun,” pungkas Agung.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyebut Bali sudah termasuk destinasi kelas dunia. Di seluruh penjuru mata angin, di ujung dunia pun orang sudah mengenal Bali sebagai pulau dewata yang indah dan cantik.

Sebagai destinasi utama, Bali memang paling siap dalam atraksi, amenitas dan akses atau 3A. “Diperkuat dengan data bahwa 40 persen wisatawan mancanegara itu masuk dari pintu Bali,” ungkap Arief.(adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aksi Tolak Reklamasi Tak Bikin Turis Lari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler