Mau Mengobrol dengan Yesus, Musa, Bahkan Adam dan Hawa? Sudah Ada Aplikasinya

Jumat, 25 Agustus 2023 – 20:44 WIB
Tampilan aplikasi Text With Jesus di AppStore.

jpnn.com - Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) telah dipakai untuk pengabaran Injil.

Pada Juli lalu, perusahaan peranti lunak Catloaf Software meluncurkan aplikasi bernama Text with Jesus yang memungkinkan para penggunanya mengobrol dengan berbagai figur di kitab Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.

BACA JUGA: Konon di Sinilah Rumah bagi Yesus Semasa Anak-anak

Pihak pengembang menjanjikan kepada para pengguna aplikasi itu akan memperoleh petunjuk, kenyamanan, dan inspirasi melalui obrolan dengan para tokoh di kitab suci tersebut.

Tokoh dari Alkitab yang bisa diajak mengobrol melalui aplikasi itu, antara lain, Yesus, Bunda Maria, para rasul, Nabi Musa, Nabi Yunus, Raja Daud, Raja Sulaiman, bahkan Adam dan Hawa.

BACA JUGA: Yesus Muncul dari Wajan Gosong

“Daripada hanya mendapatkan ayat harian dari Alkitab, kini Anda bisa memperoleh kesempatan melalui aplikasi ini untuk mengobrol dengan Yesus ataupun sosok lain di Bibel,” ujar Stéphane Peter selaku bos Catloaf Software.

Ketika ChatGPT dirilis pada tahun lalu, Peter langsung bertanya-tanya tentang cara menerapkan AI untuk mengembangkan aplikasi alkitabiah itu.

BACA JUGA: Teologi Koalisi: Antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru

Februari lalu, pria asal Prancis itu mulai menggali bagaimana OpenAI sebagai pembuat ChatGPT membuat kecerdasan buatan tersebut.

Singkat kata, Peter mulai merintis aplikasi sederhana untuk renungan. Namun, aplikasi itu memang masih terbatas.

Walakin, Text With Jesus selalu menampilkan setidaknya satu ayat dari Bibel ketika penggunanya membutuhkan nasihat tentang hubungan pribadi, atau menyodorkan pertanyaan yang kompleks tentang teologi.

Sebagai contohnya ialah ketika aplikasi itu ditanya tentang definisi penganut Kristen yang baik. Jawaban yang disodorkan ialah beriman kepada Yesus, mengikuti ajarannya, dan mewujudkannya dalam hidup.

Aplikasi itu juga mengutip Matius 22:37. “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu,” bunyi ayat dalam kitab pertama di Perjanjian Baru tersebut.(ReligionNews/JPNN.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Keranjang Berusia 10.500 Tahun, Lebih Tua Ketimbang Adam dan Hawa?


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler